SOLOPOS.COM - Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Solo-Jogja berhenti di Stasiun Klaten, beberapa waktu lalu. (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta).

Solopos.com, SOLO — Daop 6 Yogyakarta mencatat total sebanyak 23.869 pelanggan berangkat dari stasiun Daop 6 Yogyakarta pada H-2 Iduladha atau Selasa (27/6/2023).

Berdasarkan data jumlah keberangkatan paling tinggi berada di Stasiun Yogyakarta sebanyak 10.891 pelanggan. Kemudian disusul Stasiun Lempuyangan sejumlah 5.811 pelanggan, dan Stasiun Solobalapan sejumlah 3.845 pelanggan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan liburan kali ini memang istimewa karena bertepatan juga dengan libur sekolah.

Hal itu menyebabkan kepadatan terjadi di beberapa stasiun besar. Ia melanjutkan, Daop 6 telah memprediksi hal tersebut dan telah mempersiapkan pelayanan petugas dalam manage kepadatan.

“Kami mengimbau pelanggan untuk memperhatikan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain serta menjaga barang bawaan maupun anak kecil yang diajak. Untuk menghindari penumpukan antrean di pelayanan boarding Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan, para pelanggan juga diimbau untuk menggunakan fasilitas face recognition agar mempersingkat proses boarding,” ujarnya.

Untuk jumlah kedatangan pada H-2 Idul Adha di stasiun Daop 6 Yogyakarta juga terbilang cukup padat yang berada di kisaran total 21.777 pelanggan. Lebih banyak dibandingkan dengan hari yang sama minggu sebelumnya yang berada di kisaran 13.267 pelanggan.

Jumlah kedatangan terbanyak berada di Stasiun Yogyakarta dengan jumlah total 9.246 pelanggan. Disusul Stasiun Lempuyangan sebanyak 3.995 pelanggan, dan Stasiun Lempuyangan sebanyak 3.854 pelanggan.

Franoto menjelaskan pada periode 26 Juni hingga 02 Juli 2023 ketika ada  libur panjang Hari Raya Iduladha, jumlah penumpang memang mengalami peningkatan.

25 KA Jarak Jauh

Sebagai upaya mengakomodir kebutuhan pelanggan, Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 25 KA jarak jauh keberangkatan awal dari seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta.

Selain itu terdapat juga sebanyak 22 KA jarak jauh yang melewati dan berhenti untuk naik turun penumpang di stasiun Daop 6 Yogyakarta.

Selanjutnya diperkirakan pada H-1 Iduladha berdasarkan data pada Rabu (28/6/2023) pukul 06.00 WIB, terdapat total 17.288 pelanggan mendatangi stasiun Daop 6 Yogyakarta dan total 17.215 pelanggan berangkat dari stasiun Daop 6.

Tiket-tiket keberangkatan dari Stasiun Daop 6 Yogyakarta ke tujuan-tujuan favorit seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang masih tersedia di beberapa tanggal tertentu. Daop 6 berharap tiket yang masih tersedia tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Pelanggan dapat mengecek ketersediaan tiket secara mudah menggunakan aplikasi KAI Access, web kai.id, atau channel penjualan resmi lainnya. Apabila tiket yang diinginkan tidak tersedia, pelanggan bisa menggunakan fitur connecting train atau KA persambungan di aplikasi KAI Accses,” tutup Franoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya