SOLOPOS.COM - Petugas penjaga palang perlintasan sebidang KA Bedowo, Jetak, Sidoharjo, Sragen, membukakan palang pintu dari besi seusai KA Logawa lewat, Selasa (26/4/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah perlintasan sebidang jalur kereta api (KA) terus mengalami penurunan mencapai 1.491 dalam kurun waktu tujuh tahun belakangan.

Mengacu pada data yang dibagikan oleh Kemenhub, jumlah perlintasan sebidang per 2022 tercatat sebanyak 4.194 perlintasan. Direktur Jenderal Perkeretaapian M. Risal Wasal menjelaskan bahwa hingga saat ini terus berkomitmen untuk menekan jumlah perlintasan sebidang guna menekan angka kecelakaan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Kecelakaan kereta api tak hanya tabrakan, ada anjlokan dan lain-lain. Nanti khusus kecelakaan perlintasan sebidang teman-teman bisa lihat posisinya. Memang kita berupaya sedemikian rupa untuk menekan tingkat kecelakaan tadi,” jelasnya di Gedung Cipta Kemenhub, Jumat (4/8/2023).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Kemenhub melalui DJKA untuk menangani perlintasan sebidang sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 17/2009 tentang Perkeretaapian. Di antaranya yakni melakukan pelengkapan peerlintasan sebidang dengan pintu perlintasan, memasang early warning system (EWS) untuk mendeteksi kedatangan kereta api melalui sirine atau lampu peringatan, membangun jembatan penyeberangan orang dan motor, meningkatkan kualitas SDM petugas penjaga perlintasan yang memenuhi kompetensi, dan kelengkapan fasilitas lainnya.

Seiring dengan hal itu, Kemenhub mencatat jumlah kecelakaan yang terjadi di perlintasan terus mengalami penurunan. Adapun, dalam kurun waktu empat tahun sejak 2019 hingga 2022 jumlah kecelakaan tercatat sebanyak 1.142 kejadian. Adapun, dari total kecelakaan yang ada, paling banyak terjadi di perlintasan sebidang yang tidak dijaga dengan jumlah sebanyak 1.004 kejadian.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kemenhub: Perlintasan Sebidang Jalur KA Susut 1.491 dalam 7 Tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya