SOLOPOS.COM - Pedagang aneka bahan pangan, Suwarni, mengemas cabai rawit di los pedagang Pasar Wonogiri, Kamis (26/10/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, SOLO — Kondisi bahan pangan di Jawa Tengah ditutup dengan adanya kenaikan harga pada pertengahan, Kamis (7/12/2023).

Beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga di antaranya bawang merah ukuran sedang, cabai merah keriting, maupun beras kualitas medium.

Promosi Tokopedia Jadi e-Commerce Terbaik, Raih Penghargaan BI Awards 2023

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPSN), berikut ini daftar harga bahan pokok di wilayah Jawa Tengah pada pertengahan pekan ini:

1. Beras kualitas medium II, harga naik menjadi Rp13.600/kg

2. Beras kualitas super I, harga stabil menjadi Rp15.350/kg

3. Cabai merah besar, naik harga menjadi Rp78.250/kg

4. Cabai merah keriting, naik harga menjadi Rp78.500/kg

6. Daging sapi kualitas 1, turun harga menjadi Rp133.100/kg

7. Beras kualitas super 1, harga stabil menjadi Rp15.350/kg

8. Gula pasir kualitas premium, turun harga menjadi Rp18.100/kg

9. Gula pasir lokal, harga stabil menjadi Rp17.100/kg

10. Bawang putih ukuran sedang, naik harga menjadi Rp31.550/kg

Harga pangan Jawa Tengah tersebut diolah dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPSN) yang merupakan program Kementerian Perdagangan.

PIHPS Nasional menyediakan informasi harga komoditas pangan strategis secara harian di 164 pasar tradisional di 82 kota di Indonesia.

Pengembangan PIHPS Nasional ditujukan untuk memberikan akses informasi harga pangan terkini bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi.

Inisiatif pengembangan PIHPS Nasional ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada acara Sinergi Aksi Ekonomi untuk Rakyat di Brebes 11 April 2016 untuk dikembangkannya sistem informasi pangan dan sistem koordinasi pengendalian harga pangan dalam skala nasional.

Pengembangan PIHPS Nasional menjadi bagian dari komitmen bersama Bank Indonesia dan Pemerintah untuk menjaga inflasi 2017 terkendali dalam sasarannya yakni pada kisaran 4%±1%.

Pada tahap awal, data di dalam PIHPS Nasional mencakup data harga di pasar tradisional untuk 10 komoditas pangan dengan 21 varian yang cukup dominan dikonsumsi masyarakat dan merupakan komoditas yang menjadi sumber inflasi pangan.

PIHPS Nasional dapat diakses oleh masyarakat luas dengan membuka laman hargapangan.id atau dengan mengunduh aplikasi PIHPS Nasional versi android dan iOS yang tersedia secara cuma-cuma.

PIHPS Nasional memuat harga pangan di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya