SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras. (Freepik).

Solopos.com, JAKARTA – Serikat Petani Indonesia (SPI) cuma bisa gigit jari karena tidak merasakan dampak positif saat harga beras meroket selama beberapa pekan terakhir.

Berdasarkan data Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), Senin (25/9/2023) pukul 14.04 WIB, harga beras medium menunjukkan tren peningkatan. Tercatat harga beras medium hari ini naik 0,08 persen menjadi Rp13.140 per kilogram. Adapun harga beras di atas Rp13.000 per kilogram ini sudah terjadi sejak Jumat (22/9/2023) dan terus bergerak naik hingga hari ini bahkan melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dalam Perbadan No. 7/2023 di kisaran Rp10.900 hingga Rp11.800 per kilogram untuk beras medium.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Petani tidak begitu banyak menikmati [dari kenaikan harga beras],” kata Sekretaris Umum Serikat Petani Indonesia Agus Ruli Ardiansyah saat ditemui di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023). Terdapat sejumlah alasan yang menyebabkan para petani tidak menikmati kenaikan harga beras yakni biaya produksi yang cukup tinggi dan produksi gabah yang sangat rendah, apalagi dengan hadirnya El Nino.

Akibatnya, para petani tidak bisa menikmati secara maksimal harga gabah yang saat ini disebut-sebut cukup tinggi. Di lain sisi, petani merupakan konsumen dari komoditas pangan itu sendiri sehingga naiknya harga beras di pasaran cukup memberatkan petani.

Oleh karena itu, mereka mendesak segera menjalankan kedaulatan pangan yang selama ini digaungkan pemerintah. Misalnya, dengan menyiapkan kawasan-kawasan pangan yang berbasis koperasi dan keluarga petani.

Ketua Bidang Infokom dan Propaganda Partai Buruh Kahar S. Cahyono juga meminta pemerintah untuk melakukan penyelidikan kepada perusahaan-perusahaan besar yang diduga melakukan penimbunan beras. Sebab, tindakan tersebut memicu terjadinya lonjakan harga di pasar rakyat.

“Ini menjadi hal yang krusial,” pungkasnya. Sebagai informasi, dalam aksi unjuk rasa yang digelar hari ini, Senin (25/9/2023), Partai Buruh dan SPI salah satunya menuntut pemerintah untuk menurunkan harga beras dan sembako lainnya. Tuntutan tersebut akan langsung disampaikan para buruh dan petani di depan Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Harga Beras Meroket, Petani Curhat Cuma Bisa Gigit Jari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya