SOLOPOS.COM - Ilustrasi bepergian naik pesawat. (Freepik.com).

Solopos.com, JAKARTA — Kursi pesawat terdiri atas beberapa tipe yang beda-beda, di antaranya ekonomi, bisnis, dan fist class. Penumpang bisa memilih tipe kursi ekonomi, bisnis, dan fist class sesuai kebutuhan dengan harga dan pelayanan yang beda.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, beda pelayanan kursi ekonomi, bisnis, dan first class terletak pada kursi, makanan dan minuman, dan lounge.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Penumpang kelas bisnis biasanya mendapatkan kursi yang dikonfigurasi, namun dalam tata letak yang lebih standar dengan ruang untuk kaki, dan bonus tambahan dari sandaran penuh ke tempat tidur.

Sedangkan kelas satu, konfigurasi kursi bisa diubah menjadi tempat tidur yang lebih nyaman. Sementara, soal makanan, kelas bisnis mendapatkan menu yang lebih beragam daripada kelas ekonomi.

Kursi pesawat kelas 1 atau first class akan mendapatkan menu khusus yang bisa dipilih untuk disantap selama perjalanan, beda dengan kursi ekonomi, dan bisnis.

Tiket kelas satu juga akan mendapatkan akses ke lounge bandara sehingga bisa menyantap menu ala carte, sampanye gratis, serta fasilitas spa dan shower yang mewah.

Meskipun kelas bisnis juga memberi akses ke lounge yang serupa, tapi mungkin tidak dapat mengakses semua fasilitas tersebut. Beda yang paling kentara dari kursi pesawat ekonomi, bisnis, dan first class bisa ditemukan pada tingkat layanan.

Kursi kelas 1 biasanya hanya tersedia 14 kursi di sebagian besar penerbangan internasional, dan dijamu penuh selama perjalanan.

Penumpang kursi pesawat first class akan menjadi yang pertama melalui check-in dan keamanan, garis depan untuk mengambil bagasi mereka, beda dengan kelas bisnis dan ekonomi yang mengikuti di bagian belakang.

Beda Kursi Pesawat Garuda Ekonomi, Bisnis, dan First Class

Dilansir dari situs resmi Garuda Indonesia, berikut ini beberapa perbedaan kursi pesawat ekonomi, bisnis, dan first class

Kursi Ekonomi

Ruang kaki ekstra untuk kenyamanan Anda
Ruang lebih luas dan nyaman untuk perjalanan Anda
Tempat duduk yang dapat disesuaikan
Pijakan kaki*
USB & stopkontak di setiap kursi*
Layanan in-flight entertainment selama di dalam pesawat

Kursi Bisnis

Tempat duduk business class dalam Airbus 330 dapat direbahkan hingga 180 derajat. Lalu pada 2012 Garuda Indonesia juga menambahkan pesawat baru Bombardier CRJ1000 NextGen.

Pada 2019 ini, pesawat terbaru hadir Airbus A330-900neo dengan jarak tempat duduk yang lebih luas 44″ untuk kelas bisnis dan 32″ untuk kelas ekonomi.

First Class

Sliding door untuk kenyamanan pribadi.
Kursi ergonomis, yang dirancang secara optimal untuk kenyamanan Anda, dengan luas 82 inci dan lebar 22 inci yang dapat diubah menjadi tempat tidurdatar (180°) dan dilengkapi dengan matras, selimut, bantal, dan lengkap dengan ottoman.
Sebuah meja yang bisa digunakan untuk menikmati hidangan menu yang disajikan.
Sebuah seat control dengan panel layar sentuh untuk kemudahan penggunaan.
Sebuah pembatas untuk suite pada lini tengah yang dapat disesuaikan untuk mempermudah percakapan dengan suite yang berada di sebelahnya.
In-flight entertainment dengan 23.5 inci touch screen LCD, dilengkapi dengan remote control dan headphone kedap suara.
Lemari penyimpanan pribadi.
Lampu baca pribadi

Beda kursi pesawat ekonomi, bisnis, dan first class khusus untuk Garuda Indonesia cukup kentara. Setiap pesawat memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Bedanya Kursi Kelas Bisnis dan First Class di Pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya