SOLOPOS.COM - Saat cuaca ekstrem pada Desember ini, PLN mengimbau warga masyarakat untuk tetap menjaga keamanan kelistrikan. (Istimewa/PLN)

Solopos.com, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prediksi cuaca ekstrem akan melanda wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta (DIY) pada Desember 2023 ini.

PLN mengimbau warga masyarakat untuk tetap menjaga keamanan kelistrikan dengan melaporkan segera jika terdapat potensi gangguan pada jaringan kelistrikan.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi mengatakan cuaca ekstrem dapat menyebabkan gangguan pada jaringan listrik.

“Hujan deras terutama jika disertai dengan angin yang kencang cukup berbahaya bagi jaringan kelistrikan PLN, hal ini disebabkan jika terdapat benda asing seperti dahan/ranting pohon, spanduk atau plastik yang beterbangan dapat memicu gangguan jaringan kelistrikan sehingga trip atau putusnya aliran listrik,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Lebih lanjut Soffin menyampaikan bahwa hingga November 2023, sebesar 44% gangguan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) disebabkan oleh pohon/ranting yang mengenai jaringan.

Ia mengimbau jika masyarakat mengetahui potensi penyebab terjadinya gangguan seperti ranting, baliho/ spanduk yang lepas dan sebagainya dapat langsung menghubungi kanal layanan pelaporan Contact Center 123 atau menu pengaduan – informasi kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

“Jika gangguan terjadi saat hujan maka tim kami harus menunggu hujan reda terlebih dulu untuk recovery gangguan kelistrikan, mengingat air merupakan penghantar listrik. Hal ini juga dilakukan pada saat terjadi banjir, listrik harus kami matikan sementara hingga banjir surut untuk keamanan masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan pernyataan yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah terdapat 9 lokasi yang berpotensi terjadi banjir seperti Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, Kabupaten Pati, serta Kabupaten Grobogan.

Lebih lanjut Soffin menambahkan momen akhir tahun merupakan momentum yang cukup krusial, dimana umat Kristiani merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Bulan Desember menjadi momentum krusial bagi kami, kami siap terjunkan 4085 personil dengan peralatan mutakhir untuk mengamankan kelistrikan Jateng DIY dalam perayaan Nataru dan menghadapi musim cuaca ekstrem ini,” katanya.

Ia mengimbau warga tetap tenang di rumah, jika terdapat pohon yang menimpa jaringan mohon untuk tidak ditangani sendiri karena akan sangat berbahaya. Ia menganjurkan pelanggan untuk menghubungi petugas PLN melalui kanal layanan yang tersedia untuk segera dilakukan recovery jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya