SOLOPOS.COM - ilustrasi bisnis minuman (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Modal bukan satu-satunya faktor kesuksesan dalam bisnis karena bermodal Rp1 jutaan pun bisa digunakan untuk memulai usaha.

Usaha dengan modal terbatas pun dapat menghasilkan keuntungan yang besar bila kita tepat memilih dan menjalaninya dengan optimal. Bila kita amati dan pelajari, dengan modal usaha Rp1 jutaan ternyata ada banyak peluang usaha yang dapat Anda jalani termasuk bagi kaum muda.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dengan strategi bisnis yang tepat ada banyak peluang usaha bahkan untuk Anda yang hanya memiliki modal usaha 1 juta.

Berikut 10 ide bisnis untuk anak muda dengan modal usaha Rp1 jutaan seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022):

Baca Juga: Ingin Bisnis SPBU Pertamina? Cek Syarat dan Prosedurnya

1. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan atau camilan tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Dari mulai pelajar hingga pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan di kala melakukan aktivitas.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis dengan modal usaha Rp1 juta bahkan kurang dari Rp1 juta.

2. Bisnis Dropship

Bisnis dropship bukan lagi bisnis dengan modal kecil, bahkan bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal. Siapapun bisa menjalankan bisnis ini bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Selain itu, Anda pun tidak perlu repot memproses pengiriman produk dan melakukan update stock. Bisnis dropship bisa menjadi pilihan untuk Anda yang baru memulai menjalankan bisnis kecil-kecilan dengan modal usaha Rp1 juta bahkan kurang.

Sistem dropship yang harus Anda ketahui cukup sederhana. Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan serta membayarkan uang dari pembeli ke penjual.

Meskipun terlihat mudah, usaha ini tidak dapat dianggap sepele. Sebagai seorang dropshipper Anda juga harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan memilih supplier terpercaya. Hal ini sangat mempengaruhi reputasi bisnis dan kualitas produk yang Anda jual.

Baca Juga: Spesialis Bisnis Digital Alfamart Bagikan Tips Sukses Jualan Produk

3. Membuka Jasa Ketik atau Pengetikan

Jika Anda memiliki komputer atau laptop, membuka bisnis jasa menggunakan keahlian komputer yang dimiliki bisa menjadi ladang usaha yang menguntungkan.

Terlebih jika di lingkungan tempat tinggal kalian berada di sekitar sekolah atau kampus. Jika punya modal lebih, kalian juga dapat menambahkan layanan cetak dan fotokopi yang cukup menguntungkan.

4. Bisnis Baju Pre-Order

Industri fashion memang selalu berkembang dan tidak pernah mati. Namun membuka bisnis distro membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda hendak memulai bisnis distro kecil-kecilan, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis berjualan baju atau kaus secara pre order.

Dengan modal usaha Rp1 jutaan Anda dapat memulai mengembangkan bisnis kaos pre order. Dengan sistem pre order kaus atau busana lain hanya akan diproduksi jika ada pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

Baca Juga: Potret Solo Zaman Dulu: Pusat Bisnis Ganja di Kampung Laweyan

5. Usaha Aneka Minuman Kekinian

Selain usaha makanan ringan atau camilan, usaha minuman kekinian juga bisa Anda pertimbangkan. Melalui minuman yang sedang banyak digemari atau Anda bisa menciptakan tren minuman kreasi sendiri.

Anda bisa mulai menciptakan tren minuman, misalnya menjual kopi khas racikan sendiri. Ditengah maraknya beraneka ragam minuman kopi, Anda bisa memasarkan kopi racikan sendiri dengan beberapa campuran bahan lain seperti coklat, susu bahkan rasa buah-buahan. Untuk memulai bisnis minuman kekinian, Anda bisa memulai dengan modal usaha Rp1 juta.

6. Menjual Aneka Kue Kering

Jika Anda mempunya hobi membuat kue tidak ada salahnya mengembangkan hobi sebagai salah satu sumber penghasilan. Untuk memulai bisnis kue kering, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Sebagai permulaan Anda bisa membuat satu atau dua toples kue kering untuk ditawarkan kepada teman dan orang sekitar.

Modal usaha Rp1 juta sudah cukup untuk memulai bisnis kue kering. Bisnis kue kering akan banyak diminati terutama menjelang hari raya. Selain kue kering Anda pun dapat menambahkan variasi kue yang dijual seperti kue basah, cake atau kue-kue jajanan pasar lainnya.

7. Bisnis Aksesoris atau Pernak-Pernik

Usaha menjual atau membuat aksesoris wanita bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan ada banyak produk yang dapat ditawarkan, mulai dari aksesoris rambut, pakaian dan perhiasan.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis aksesoris atau pernak-pernik wanita tidaklah banyak. Anda dapat memulai dengan modal usaha Rp1 juta-an tergantung aksesoris yang hendak dijual. Anda dapat mulai memasarkan produk dari orang-orang terdekat. Pilih produk yang banyak digemari wanita atau sedang populer pada saat itu.

Baca Juga: Persaingan Kian Sengit, Ini Tips Meraup Cuan dari Bisnis Thrifting 



8. Membuka Angkringan

Membuka tempat makanan khas seperti angkringan juga bisa menjadi pilihan. Selain menjajakan minuman, angkringan juga bisa menjajakan jajanan pasar dan gorengan. Tak hanya jadi usaha sampingan di desa, angkringan juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan untuk menghasilkan cuan di perkotaan. Saat masyarakat kota rindu dengan nuansa desa, maka hadirkanlah angkringan.

Di malam hari, tempat ini tentunya bisa jadi tempat tujuan bagi para karyawan kantor atau warga setempat yang tengah kelaparan. Angkringan juga bisa jadi referensi buat mereka mencari tempat makanan murah.

Bermodalkan uang Rp1 jutaan sudah bisa membuat aneka jajanan pasar. Kendati disebut sebagai jajanan tidak sehat, tapi berjualan gorengan bisa jadi bisnis modal kecil dengan cuan yang menjanjikan.

9. Membuka Les Privat

Les privat Les privat tentu bisa jadi salah satu peluang bisnis rumahan yang mimi budget. Les bisa mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing, musik, atau bentuk keterampilan lainnya. Usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional.

Tapi ingat, demi menjalankan usaha yang satu ini, perlu memiliki modal berupa keterampilan yang akan diajarkan ke orang lain.

10. Cetak Foto Polaroid

Jangan dianggap sepele, jasa cetak foto polaroid nyatanya termasuk bisnis bermodal kecil tapi menguntungkan hlo. Foto bergaya polaroid ini banyak diminati karena memberi kesan keren dan cocok untuk dijadikan koleksi, aksesoris aesthetic ruangan, hingga dekorasi acara.

Berbekal printer khusus polaroid dan 1 set kertas foto yang dijual dengan harga ekonomis, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Bahkan kalau kamu bisa mengembangkan kreativitasmu dengan jasa cetak foto polaroid ini, kalian bisa mendapat keuntungan menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya