SOLOPOS.COM - CIMB Niaga berkomitmen membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital. (Istimewa/CIMB Niaga)

Solopos.com, JAKARTA–PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun pada tahun 2023. Angka tersebut naik sebesar 27,0% year-on-year (yoy), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.

“Kinerja menggembirakan yang berhasil kami raih pada 2023 mencerminkan konsistensi kami dalam menjaga ketahanan, agility, dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah,” ujar Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan melalui keterangan tertulis yantg dikutip Rabu (21/2/2024).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dia menambahkan CIMB Niaga senantiasa berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan profit, seperti yang terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp8,4 triliun atau tertinggi hingga saat ini.

Menurutnya, penting untuk digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti yang ditunjukkan oleh penurunan signifikan pada rasio kredit bermasalah (Gross Non Performing Loan/NPL) yang turun dari 2,8% pada Desember 2022 menjadi 2,0% pada Desember 2023.

“Ke depan, kami akan tetap menyediakan solusi keuangan terbaik yang relevan guna menjawab kebutuhan nasabah yang beragam dan terus berkembang,” tambahnya.

Lani menjelaskan seiring dengan dinamika perbankan dan keuangan, CIMB Niaga tetap menjaga komitmen terhadap prioritas strategis. Yang mana area fokus utama secara konsisten meliputi memperluas basis nasabah, meningkatkan portofolio CASA, memastikan peningkatan kualitas aset yang berkelanjutan, dan mendorong peningkatan perbankan digital.

“Pendekatan strategis yang teguh menempatkan kami untuk menghadapi masa depan yang lebih baik, selaras dengan dedikasi kami untuk selalu memberikan layanan keuangan terbaik bagi seluruh nasabah,” jelas Lani.

Lebih lanjut diungkapkan, CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,0% dan 89,3%.

Meningkatkan Pengalaman Nasabah

Sedangkan total aset konsolidasian adalah sebesar Rp334,4 triliun (+9,0% yoy) per 31 Desember 2023, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Sementara itu, total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp235,9 triliun (+3,8% yoy), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 63,9%.

Hal itu juga menegaskan komitmen CIMB Niaga dalam membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga. Di mana terlihat bahwa 86% dari pembukaan deposito berjangka berasal dari digital channel.

“Di CIMB Niaga, kami juga berfokus pada Customer Centricity, salah satunya dengan terus  memberikan nilai dan pengalaman yang unik, serta berbeda kepada nasabah dalam melakukan transaksi perbankan bersama CIMB Niaga. Di 2023, kami berhasil mempertahankan skor Net Promoter Score (NPS) sebesar 50%,” katanya.

Dijelaskan dia, hal itu menunjukkan banyaknya jumlah nasabah yang tidak hanya setia, namun juga bersedia merekomendasikan CIMB Niaga kepada keluarga, teman, atau kolega mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah, karyawan, dan stakeholders atas kepercayaan, dukungan, dan keyakinan terhadap CIMB Niaga selama ini,” kata Lani.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah kredit/pembiayaan naik 8,5% yoy menjadi Rp213,4 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis corporate banking sebesar 11,7% yoy, diikuti Small Medium Enterprise (SME) yang naik 9,5% yoy dan consumer banking yang tumbuh 6,9% yoy. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 15,7% yoy.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp55,2 triliun (+17,0% yoy) dan DPK sebesar Rp44,9 triliun (+13,7% yoy) per 31 Desember 2023.

“Sejalan dengan komitmen teguh kami terhadap program lingkungan hidup, kami telah berhasil mencapai sejumlah perkembangan signifikan pada 2023, termasuk mencatat pembiayaan kredit berwawasan lingkungan hidup sebesar Rp55,45 triliun, atau 25,97% dari keseluruhan pembiayaan kami. Selain itu, kami juga telah berhasil memenuhi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) Cakupan 1 dan 2 sebesar 22% dibandingkan dengan garis dasar emisi GRK 2019,” urai Lani.

“Kami juga terus mendukung aksi mitigasi perubahan iklim, misalnya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) melalui pembelian Renewable Energy Certificate (REC), pembelian unit karbon melalui Bursa Karbon Indonesia (Indonesia Carbon Exchange atau IDXCarbon), dan pemasangan solar panel. Selain itu, kami telah melampaui target awal kami sebesar 5% dengan mencapai pertumbuhan sebesar 17% dalam portofolio pembiayaan kelapa sawit berkelanjutan,” tambahnya.

Bersama dengan CIMB Group, Bank juga menetapkan serta mengumumkan target dan strategi dekarbonisasi dan transisi berkeadilan (just transition) untuk beberapa sektor yang memiliki intensitas emisi GRK tinggi, yaitu batu bara, kelapa sawit, semen, dan ketenagalistrikan.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Di 2023, 96% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money).

OCTO Mobile memimpin inisiatif digitalisasi di CIMB Niaga dengan menyajikan beragam kenyamanan perbankan dan kemampuan dalam menunjang transaksi, seperti BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur pinjaman yang komprehensif, seperti kartu kredit dan personal loan.

Untuk memenuhi tingginya minat terhadap layanan travel, OCTO Mobile mempermudah pembukaan rekening tabungan secara digital dengan 14 pilihan mata uang asing. Pengguna OCTO Mobile dapat dengan mudah menggunakan rekening tersebut sebagai sumber dana untuk transaksi di negara lain dengan kartu debit CIMB Niaga. Hingga 31 Desember 2023, OCTO Mobile telah melayani hampir 3 juta pengguna.

Sementara itu, OCTO Clicks sebagai internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan top-up.

Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.



“Kami terus melakukan inovasi terhadap digital banking kami, dengan fokus untuk mentransformasikan layanan tersebut menjadi powerful wealth platform yang dapat memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat yang ingin berinvestasi pada berbagai instrumen, baik reksa dana, obligasi, serta deposito berjangka dengan tingkat suku bunga yang kompetitif,” ujar Lani.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 412 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge). Per 31 Desember 2023, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.893 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 544.056 EDC, QR dan e-Commerce.

Pada 2023, CIMB Niaga menghadirkan model terbaru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch yang memadukan konsep Cabang Konvensional dan Digital Lounge.

Konsep ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 31 Desember 2023, CIMB Niaga telah meluncurkan 5 Digital Branch yang tersebar di Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali. Adapun di 2024, Digital Branch akan diimplementasi secara nasional.

Kerja Sama Strategis Atasi Gizi Buruk Cegah Stunting

Sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga berkolaborasi dengan United Nations Children’s Fund (Unicef) menginisiasi kerja sama strategis untuk membantu Pemerintah dalam mengatasi masalah gizi buruk sebagai upaya mencegah stunting di Indonesia. Program yang berlangsung tiga tahun ini difokuskan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami menyadari masalah wasting dan stunting merupakan tantangan yang harus dihadapi secara gotong royong. Karena itu, dalam program ini CIMB Niaga berkolaborasi dengan Unicef serta juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli,” kata Lani.

Selain bersama Unicef, sebelumnya CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (CIMB Niaga Syariah) juga telah mencanangkan progam Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Kompas Gramedia Group.

“Dengan upaya bersama ini, kami berharap program dapat berdampak positif untuk mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia,” tambah Lani.

Penghargaan

Pada tahun yang berakhir 31 Desember 2023, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:

  1. The 6th Satisfaction, Loyalty, & Engagement (“SLE”) Awards 2023 dari Majalah Infobank, di antaranya untuk: Top Rank KBMI 3 Bank, The Strongest Customer Engagement KBMI 3 Bank, The Best KBMI 3 Bank in Customer Loyalty, The Most Satisfying KBMI 3 Bank in Mobile Banking, dan The Most Satisfying KBMI 3 Bank on ATM Service
  2. Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2023 sebagai “Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Providing Comprehensive Financial Solution” dari Warta Ekonomi
  3. 12th Digital Brand Awards 2023 dari Majalah Infobank, di antaranya: The Best Credit Card KBMI 3, The Best House Mortgage Loan KBMI 3, dan The Best e-Money Private Bank (OCTO Pay)
  4. WOW Brand 2023 untuk Digital Lounge CIMB Niaga dari MarkPlus
  5. Indonesia Human Resources Awards 2023 sebagai “The Best HR Management for The Outstanding Development of Comprehensive and Strategic HR Initiatives (Category: Conventional Bank)” dari Warta Ekonomi
  6. Indonesia Public Relations Awards 2023 sebagai “The Best Public Relation in Company Strategy on Increasing Customer Satisfaction, Loyalty and Engagement (SLE) by Optimizing Product, Service and Customer Experience” dari Warta Ekonomi
  7. IFN Best Bank of the Year 2023 untuk CIMB Niaga Syariah sebagai: Best Overall Islamic Bank in Indonesia, Most Innovative Islamic Bank in Indonesia, Best Islamic Corporate Bank in Indonesia and Best Islamic Investment Bank in Indonesia dari Islamic Finance News (IFN)
  8. The Asset Triple A Awards 2023 sebagai the Best Service Provider for Cash Management (Indonesia) dari The Asset
  9. Katadata Corporate Sustainability Awards 2023 for Finance Sector: Green Economy Champion from Katadata
  10. The AsiaMoney Awards sebagai the Best Corporate Bank in Indonesia 2023 dari The AsiaMoney
  11. Indonesia PR of The Year 2023 sebagai PR Program of The Year 2023 (Editor Choice) Category: Media Relations Program dari Mix Marcomm
  12. Golden Property Awards 2023 untuk Best Housing Mortgage (KPR) Program 2023 dari Indonesia Property Watch (IPW)
  13. The 8th Annual 2023 SPEx2 DX Award sebagai Excellence in Executing Digital Transformation in Banking Industry dari Kontan dan One GML
  14. The 14th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) 2023 sebagai Leadership in Corporate Governance dari IICD
  15. Juara Umum Annual Report Award (ARA) 2022 dari Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Bursa Efek Indonesia, dan Ikatan Akuntan Indonesia.
  16. Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk Xtra Xpo sebagai Program Tukar Poin Perbankan dengan Kuota Terbanyak dan OCTO Card Syariah sebagai Kartu Pembiayaan Digital Berbasis Syariah Pertama
  17. PR Excellence Awards 2023 sebagai Juara Ketiga Internal PR dengan tema Diversity, Equity and Inclusion (DEI) dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
  18. Asian Banking Finance untuk penghargaan di bawah ini:
    -Asian Banking & Finance Wholesale Banking Awards 2023:
    a. Indonesia Domestic Project Finance Bank of The Year
    b. Indonesia Domestic Sustainable Finance Initiative of The Year
    -Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2023:
    a. Banking for Women Initiative of The Year – Indonesia.
  19. MIX MarComm Magazine untuk penghargaan di bawah ini:
    -The Best Integrated Brand Communication 2023 untuk project Brand Evangelist dan Haya Festival 2023
    -The Best Brand Activation untuk Kejar Mimpi Rising Start 2023 dan Haya Festival 2023
    -The Best Brand Guardian Team untuk tim Brand Management & Non Business Marketing team dan tim Syariah Banking Marketing
    -Most Engaging Sustainability Initiative 2023 untuk Sustainability Marketing Program
  20. Indonesia Digital Marketing Champion 2023 untuk OCTO Mobile Marketing Campaign dari SWA Media Group & Business Digest.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya