SOLOPOS.COM - Mudik motor gratis. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Pelaksana PT LNP, Dwi Wahyudi, saat ditemui Solopos.com, Selasa (11/4/2023), menjelaskan saat ini pihaknya masih menerima pendaftaran untuk program mudik gratis sepeda motor (motis) dengan kereta api hingga 3 Mei 2023.

Total kuota yang disiapkan sebanyak 10.440 motor. Ia menyebut, pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman resmi https://mudikgratis.dephub.go.id atau datang ke posko yang terletak di Stasiun Purwosari.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Periode pelaksanaan angkutan motis dimulai dari 10 – 25 April 2023 (10 hari), serta untuk arus balik dimulai dari 25 – 4 Mei 2023.

Sementara, pendaftaran angkutan motis dapat dilakukan melalui mudikgratis.dephub.go.id, dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk mulai 1 Maret – 3 Mei 2023.

“Pendaftaran masih kami buka hingga 3 Mei 2023, untuk Solo pendaftaran dan pengiriman melalui Stasiun Purwosari. Ketika arus mudik nanti motor dikirim mulai tanggal 11 hingga 20 April, sedangkan ketika arus balik mulai 25 April hingga 4 Mei,” jelas Dwi.

Dilansir dari situs https://dephub.go.id/, ada tiga hal baru dari program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang diselenggarakan pada tahun ini.

Pertama, motor dan penumpang diangkut dengan kereta api yang sama (kereta AC Ekonomi).

Kedua, penerapan harga tiket yang relatif murah berkisar Rp10.000 – Rp20.000 bagi penumpang sesuai jarak lintasan;

Ketiga ada tambahan lintasan baru yaitu lintas Cilegon-Semarang Tawang (Lintas Utara).

Sebelumnya, hanya ada dua lintasan yaitu Lintas Tengah (Jakarta Gudang- Purwosari) dan Lintas Selatan (Kiaracondong – Purwosari).

Syarat Mudik Kereta Api

Para peserta diwajibkan sudah vaksin boster

Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C

Wajib melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar

Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc

Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya

Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor

Tidak diperkenankan menitipkan helm dan kaca spion.

BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya