SOLOPOS.COM - Produk Sprei Tencel Steffie Collection. (Istimewa/Instagram).

Solopos.com, SRAGEN — Pemilik Steffie Collection, Stephanie Yung, melebarkan sayap usahanya dengan membuka pendaftaran mitra kerja menggunakan sistem franchise. Target penjualan setiap bulan sebesar Rp300 juta.

Merek Stteffie Collection merupakan usaha yang lahir pada 2003. Label ini berkembang pesat di Indonesia dan berfokus pada perlengkapan tempat tidur khusus seperti seprai, selimut, bantal, dan lain-lain.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Sejauh ini, Stephanie telah diakui sebagai salah satu industri terbaik di kategori tersebut yang memperoleh pengakuan nasional dengan kualitas yang sangat baik dan siap untuk melebarkan sayap ke pasar global.

Wanita 46 tahun asal Sragen ini sukses menjalankan usaha bedding set atau aksesoris tempat tidur.

Ia merupakan satu-satunya warga Jawa Tengah yang menerima Anugerah Perempuan Indonesia (API) pada 2020 lalu yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga.

Wanita dengan nama asli Christiana Agustin ini mengatakan dalam sebulan, Steffie Collection mampu menjual ribuan produk. Pesanan yang ia terima pun menembus luar Pulau Jawa.

Hingga kini, area pemasaran miliknya sudah merambah Bali, Lombok, Makassar, Papua, serta diberi kepercayaan menjadi salah satu layer manajemen hotel. Sementara produk miliknya dihargai dalam rentang harga dari puluhan hingga jutaan rupiah tiap buah.

Kesuksesan tersebut juga bisa dilihat saat Stephanie mampu mewakili Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Sragen untuk mengikuti event internasional yaitu festival budaya di Moskow, Rusia, pada 2017 lalu.

Produk miliknya juga sanggup memasuki pasar Afrika, dan bisa ikut serta dalam acara International Monetary Fund (IMF) di Bali dan berpartisipasi pada Miss Grand Bali pada 2018 lalu.

“Meskipun belum ada mitra, target rata-rata penjualan Rp300 juta/bulan, kami bisa targetkan 1,5 kali lipat tahun ini,” terang Stephanie pada Jumat (20/1/2023).

Ia menguraikan bahwa ia mempunyai empat filosofi dalam bisnis, yaitu sharing, caring, living, dan empowering. Selain itu ia mempunyai visi memgembangkan jaringan Steffie Collection di seluruh wilayah Indonesia dan mengangkat budaya lokal bernilai ekonomi.

Selain itu, ia mempunyai misi untuk menjalin keharmonisan relasi dengan mitra dan tim untuk menjaga kerja sama jangka panjang. Serta menjaga kualitas produk dari hulu ke hilir demi kepuasan dan kenyamanan pelanggan.

Untuk itu, pihaknya membuka semua orang untuk menjadi mitranya, dengan dukungan berupa survey location, supply product, research and development, monitoring dan control, serta training.

Mitra Bisnis

Persyaratan menjadi mitra yakni memiliki dana yang cukup untuk investasi, memiliki lokasi yang sesuai dengan kriteria, business operator, dan memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalankan bisnis Steffie Collection. Sementara itu untuk besaran royalty fee adalah 5% dari omzet.

Penjualan rata-rata tiap bulan adalah Rp300 juta, bisa dikalikan dengan royalty fee sebesar 5% tersebut, mitra mendapatkan paling tidak Rp15 juta/bulan.

Tahapan untuk menjadi mitra Steffie Collection sendiri adalah mengisi form aplikasi, mengajukan lokasi, survei lokasi, penandatanganan memorandum of understanding (MOU), pembuatan bussiness plan, dan penandatanganan perjanjian.

Stephanie menawarkan dua paket waralaba, yaitu paket gold yaitu untuk ruko satu lantai dengan ukuran 4,5 meter x 10 meter.

Dengan rincian biaya survei yaitu Rp5 juta hingga Rp10 juta untuk wilayah Pulau Jawa atau luar Pulau Jawa. Kemudian besar investasi adalah Rp270 juta, termasuk interior Rp70 juta meliputi rak dan meja kasir.

Selanjutnya termasuk stok awal Rp200 juta, yang meliputi springbed Rp120 juta dan seprai dan bedcover sebesar Rp80 juta.

Kemudian untuk paket diamond untuk dua lantai ruko ukuran 45 meter x 10 meter, dengan besar investasi Rp420 juta. Termasuk interior Rp120 juta termasuk rak dan meja kasar, kemudian meliputi stok awal sebesar Rp300 juta dengan rincian springbed Rp120 juta, seprai dan bedcover Rp150 juta, dan towel Rp30 juta.

Dengan catatan nilai investasi tersebut, di luar sewa tempat, biaya perizinan, kendaraan, biaya pre-opening, dan elektronik. Steffie Collection beralamat di Jl. Nias, Sarigunan, Sragen Wetan, Sragen, dengan nomor telepon 0271-891162.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya