SOLOPOS.COM - Salah satu dari tiga tipe kapal milik PT PELNI (Persero) yang memiliki kapasitas 1000 pax. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni bakal menggelar mudik gratis selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Sejumlah rute yang ada tiket gratisnya, antara lain:

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Batam-Belawan

Belawan-Batam

Baubau-Makassar

Makassar-Baubau

Makassar-Sorong

Batam-Tanjung Priok

Surabaya-Makassar

Surabaya-Biak

Balikpapan-Pare-pare

Sorong-Ambon

Bali-Sorong

Parepare-Tarakan

Parepare Balikpapan.

Kerja Sama Kementerian Perhubungan

Sebelumnya, Direktur Usaha Angkutan Penumpang Nuraini Dessy mengatakan, mudik gratis Nataru itu merupakan kerja sama Pelni dengan Kementerian Perhubungan. Dia menyebut, mudik gratis Nataru terbatas untuk 500 orang di setiap rute.

“Memang ini ada direncanakan Kemenhub akan membiayai terkait mudik gratis ini di ruas tadi ada 500 orang,” ujar Dessy, Jumat (8/12/2023).

Dessy menjelaskan, tidak semua orang dapat mengakses fasilitas mudik gratis tersebut alias terbatas. Hanya masyarakat kurang mampu yang layak mendapatkan tiket mudik gratis Nataru kapal Pelni.

Untuk mendapatkan tiket gratis Nataru, masyarakat dapat mengajukannya di loket Pelni dengan membawa sejumlah syarat, salah satunya surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari instansi pemerintah setempat.

Direncanakan tiket gratis mulai bisa diakses masyarakat pada 18 Desember 2023.

“Jadi untuk menyaringnya jangan sampai yang naik gratis ini orang mampu. Jadi persyaratan khususnya dari Kemenhub syarat tidak mampu dari instansi atau desa setempat,” katanya.

Sebelumnya, Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antoni Arif Priadi juga mengatakan bahwa pengadaan fasilitas mudik gratis periode Nataru dipastikan hanya untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pihaknya masih menyiapkan teknisnya dan siap diumumkan dalam waktu dekat.

“Jangan-jangan orang yang mampu, malah dikasih gratis, yang tidak mampu malah tidak dikasih gratis,” katanya.



Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Pelni Siapkan Tiket Gratis Mudik Nataru Terbatas, Ini Cara Daftar & Rutenya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya