SOLOPOS.COM - Suzuki Ertiga (Momobil.id)

Solopos.com, JAKARTA–Sebagai salah satu perusahaan otomotif yang memasarkan mobil, sepeda motor, dan mesin tempel kapal yang dipercaya publik, Suzuki Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan bagi konsumen.

Baca Juga: Suzuki Karimun Kotak Paling Dicari, Ini Daftar Harga Bekasnya

Promosi Fokus Transformasi, Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5%

Selaama 2021, Suzuki dapat bertahan dan mencatatkan penjualan yang positif meskipun di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia. Dengan wholesales sebanyak 91.793 unit, Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 39% apabila dibandingkan dengan 2020.

Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 89.596 unit sehingga mampu meningkatkan penjualan sebesar 24% apabila dibandingkan dengan 2020.

Kontribusi penjualan Suzuki tahun 2021 disumbang dari produk unggulan, yaitu New Carry, XL7, dan disusul oleh All New Ertiga. New Carry beri kontribusi 58% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan capaian 52.854 unit wholesales dan 52.286 unit retail sales.

Kontributor terbanyak kedua adalah XL7 yang menyumbang 18% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 16.090 unit secara wholesales. Sedangkan secara retail sales, XL7 menyumbang 16% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 14.640 unit. Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12% dengan capaian 11.410 unit wholesales dan capaian 11.402 unit retail sales atau sebesar 13%.

Baca Juga: Parade Pembalap MotoGP di Jakarta, Ini Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250

“Kami berterima kasih kepada konsumen yang mendukung Suzuki hingga saat ini. Berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan, Suzuki dapat mempertahankan kinerja perusahaan di tengah situasi yang sulit, serta terus meningkatkan pelayanan dan inovasi. Peningkatan penjualan Suzuki tahun 2021 juga memotivasi kami untuk mulai menghadirkan produk-produk baru yang unggul dan ramah lingkungan,” ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Saputra.

Peningkatan pangsa pasar Suzuki didukung banyaknya jaringan outlet sehingga memudahkan konsumen mendapatkan produk-produk Suzuki. Hingga Desember 2021, outlet Suzuki tercatat sebanyak 286 jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain karena jumlah jaringan outlet, peningkatan ini juga didukung beragam produk baru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selama 2021, Suzuki telah meluncurkan produk terbaru, yaitu:
1. New Carry Pick Up – Januari 2021
2. All New Ertiga Suzuki Sport FF – November 2021

Jajaran mobil-mobil Suzuki telah banyak menerima penghargaan dari berbagai ajang dan institusi terpercaya. Hal ini semakin menguatkan kepercayaan konsumen kepada Suzuki. Berikut beberapa penghargaan yang diterima Suzuki selama 2021:
XL7
• Best MPV Crossover – Otomotif Award
• The Best Functionality Car – Carvaganza Editor’s Choice Award
• Best Small MPV Crossover – Gridoto Award
• Total Cost Ownership for Small MPV Crossover – Gridoto Award

New Carry Pick Up
• Best Pick Up – OTOMOTIF Award

New Baleno
• Total Cost Ownership for Small Hatchback – Gridoto Award

Jimny
• Best Small SUV Resale Value – Gridoto Award

Baca Juga: Awal 2022 Beli Mobil Suzuki Berhadiah Suzuki Jimny

Production Planning Control Asst. to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor, Apriyanto, menjelaskan Suzuki merupakan merek yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. “Kinerja ekspor otomotif nasional tahun 2021 memang mengalami perlambatan karena terdampak pandemi Covid-19, termasuk ekspor mobil. Namun, meski semua merk mengalami penurunan ekspor, tapi Suzuki adalah merek dengan penurunan ekspor mobil paling minim di antara kompetitor di industri otomotif nasional,” jelas dia.

Selain mobil, Suzuki juga melakukan ekspor sepeda motor dengan penjualan sebanyak 133.385 unit selama 2021. Penjualan ekspor kategori CBU sebanyak 40.025 unit, dan kategori CKD sebanyak 93.360 unit. All New Satria menjadi kontributor tertinggi dengan berkontribusi sebesar 32,6%, kemudian Satria berkontribusi sebesar 25,3%, dan NEX & NEX II berkontribusi sebesar 12,3%. Suzuki mengekspor sepeda motornya ke 37 negara dengan model sepeda motor seperti All New Satria, Satria, GSX-R 150, GSX-R 125, GSX-S 150, GSX-S 125, Nex II, Nex, Address, dan Smash.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, di tahun 2022 Suzuki akan terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan dampak positif terhadap pasar otomotif nasional. Pada 2022, Suzuki menargetkan penjualan mobil secara keseluruhan dapat menguasai 12% pangsa pasar dari estimasi total pasar dari GAIKINDO. Kemudian, Suzuki juga menargetkan kenaikan ekspor sebanyak 10% baik untuk CKD maupun CBU dengan jumlah negara yang nantinya juga akan ditambahkan.

Sedangkan untuk sepeda motor, pada 2022 Suzuki akan berupaya untuk meningkatkan penjualan sebesar 63% dibandingkan 2021. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi baru dimana dalam penentuan produk sepeda motor baru Suzuki yang nantinya diperkenalkan dan dipasarkan tidak selalu menjadi follower di segmen pasar yang telah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya