SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Perum Bulog menggelar operasi pasar melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Soloraya sebagai buntut kenaikan harga beras akhir-akhir ini.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertan KPP) Kota Solo, Eko Nugroho Isbandijarso, memastikan ketersediaan stok beras aman walaupun mengalami kenaikan harga.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Solo untuk memastikan ketersediaan beras di Kota Bengawan. Kerja sama dalam bentuk operasi pasar ini dilakukan melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang merata di setiap kelurahan.

“Stok masih aman, memang harga naik. Upaya Dispertan KPP, kerja sama dengan Bulog gerakan SPHP setiap Hari Selasa dan Kamis di kelurahan yang belum dapat jatah SPHP,” terang Eko saat dihubungi Solopos.com, pada Senin (4/9/2023). SPHP beras merupakan program yang dilakukan Bulog dan Badan Pangan Nasional untuk memenuhi ketersediaan beras murah bagi masyarakat.

Program ini dilakukan untuk memenuhi ketersediaan beras murah bagi masyarakat. Untuk itu pihaknya terus melakukan distribusi beras SPHP sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Langkah ini dilakukan Bulog untuk menghindari kecurangan pedagang yang kerap menukar kemasan Bulog dengan merek beras premium lain.

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Solo, Andy Nugroho, menjelaskan pada September ini bakal menggelar operasi pasar atau bazar pangan murah untuk stabilisasi harga di beberapa titik di Soloraya. Besok, pada Selasa (5/9/2023), bazar pasar murah digelar di Kantor Kelurahan Baluwarti, Solo. Kemudian pada Rabu (6/9/2023), di Gedung Ahimsa, Desa Gumulan, Kabupaten Klaten.

Selanjutnya, pada Kamis (7/9/2023) bazar pangan murah bakal digelar halaman Taman Cerdas Mojosongo Solo dan Lapangan Tenis Griya Prima Timur, Desa Belangwetan, Kabupaten Klaten. Kemudian pada Jumat (8/9/2023), bazar pangan murah digelar di Taman Kuliner Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sukoharjo.

Serta pada Minggu (9/9/2023) bazar pangan murah digelar dalam acara car free day (CFD) di halaman Kantor Perum Bulog Kantor Cabang Solo. Lebih lanjut, Andy menjelaskan realisasi pengadaan beras untuk program SPHP sejauh ini mencapai 19.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya