SOLOPOS.COM - Webinar Spesial Ramadan 2023: Mudik Lancar Solo-Jogja, yang digelar Solopos Media Group (SMG), Rabu (12/4/2023). (Tangkapan Layar Youtube)

Solopos.com, SOLO — Jalur Tol Solo-Jogja menjadi salah satu jalur tol yang akan difungsionalkan pada momentum arus mudik Lebaran tahun ini. Untuk mengatasi kemacetan di dalamnya, pengelola pun telah menyiapkan beberapa langkah antisipasai.

Direktur Teknik PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Pristi Wahyono, mengatakan sebagai pengelola jalur Tol Solo-Jogja, dia mengatakan dalam upaya mendukung kegiatan mudik Lebaran tahun ini ada sekitar 6,1 km di jalur tol tersebut yang difungsionalkan mulai 15 April hingga 1 Mei 2023. Jalur akan difungsionalkan dengan model satu arah. Pada 15-24 April, beroperasi satu arah dari arah Exit Tol Colomadu menuju Sawit. Kemudian pada 25 April-1 Mei, berlaku sebaliknya.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Pada Webinar Spesial Ramadan 2023: Mudik Lancar Solo-Jogja, yang digelar Solopos Media Group (SMG), Rabu (12/4/2023), dia menyampaikan untuk mengantisipasi kemacetan di dalamnya, sudah ada beberapa langkah yang disiapkan.

Dia menyebutkan selain 6,1 km yang disiapkan untuk difungsionalkan pada momentum tersebut, pihaknya juga menyiapkan jalur cadangan sepanjang 1 km yang ke arah Karanganom.

“Seandainya jalur 6,1 km itu macet, akan ada dua langkah antisipaai. Pertama kami akan membuka jalur yang ke arah Karanganom sekitar 1 km yang juga sudah bisa dilalui pemudik. Nanti akan bertemu dengan jalan kabupaten yang bisa mengurai kemacetan yang ada di jalan sawit,” kata dia dalam webinar yang didukug Blibli dan PT JMM tersebut.

Antisipasi selanjutnya adalah dengan melakukan buka tutup di pintu depan atau di depan exit tol Colomadu. Untuk langkah tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, Supriyono, menyampaikan selama arus mudik 2023, pihaknya menyiapkan tujuh posko. Baik yang ada di Delanggu, Penggung, Jatinom, hingga di Prambanan.

“Untuk antisipasi kemacetan di jalur tol dan arus jalan nasional Jogja-Solo kami juga akan mengadakan rekayasa lalu lintas, mulai dari penyesuaian traffic, pengaturan durasi traffic [light] dan penutupan median jalan bekerja sama dengan Kepolisian,” lanjut dia. Selain itu juga disiapkan beberapa jalur alternatif menuju Jogja maupun ke Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya