SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Ramadan dan Lebaran merupakan momentum yang ditunggu-tunggu umat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia.

Banyak orang mengira bahwa momentum Ramadan ini akan mengurangi pengeluaran, tapi pada kenyataannya seringkali saat Ramadan malah biaya atau pengeluaran bertambah.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Memang kebutuhan saat Ramadan berbeda dari biasanya. Apalagi saat Lebaran, banyak orang yang pulang ke kampung halaman alias mudik. Tentu banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Bagi pegawai atau karyawan biasanya akan mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Namun bila kita kurang bijak dalam mengelolanya bisa-bisa kita malah tekor seusai Lebaran.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengendalikan pengeluaran yang berlebihan dan mengelola keuangan saat Ramadan dan Lebaran seperti dihimpun dari berbagai sumber, belum lama ini:

1. Catat Pengeluaran

Saat Lebaran, rasanya sangat sulit untuk tidak mengeluarkan uang untuk berbelanja Pasalnya, secara umum semua orang yang merayakannya dengan berbelanja, mulai dari baju baru hingga makanan untuk keluarga besar dan tamu.

Padahal, hal tersebut bisa disikapi dengan lebih bijak. Merayakan Lebaran bisa dijalankan secara tidak berlebihan. Misalnya, Anda tidak wajib membeli baju baru. Lebih baik, gunakan baju terbaik yang sudah ada saat ini.Selalu catat pengeluaran, dan perhatikan agar tidak melampaui batas yang wajar.

2. Alihkan Pengeluaran

Cobalah atur kembali alokasi uang belanja.Lihat apakah ada aspek pengeluaran lainnya yang tidak begitu penting yang bisa dialihkan untuk kebutuhan Lebaran, misalnya, Anda mengalokasikan sekian ratus ribu untuk membeli barang pendukung hobi.Nah, untuk bulan ini, cobalah tunda hal tersebut terlebih dahulu.

3. Buat Target Tabungan

Tips yang selanjutnya untuk berhemat saat lebaran,adalah berhemat mulai dari awal Ramadan. Mulailah mencoba menargetkan berapa tabungan harian yang masuk akal dan cara-caranya untuk mencapai target tersebut.

Seperti budaya di Indonesia pada saat Lebaran ada bagi-bagi THR dari saudara, sebagian bisa dimasukkan untuk menjadi target tabungan.

Sebaliknya bila Anda menjadi orang yang dituakan yang biasanya membagikan uang THR kepada sanak famili, sebaiknya lakukan sesuai kemampuan.

4. Cari Tambahan Penghasilan

Jika sudah berusaha hemat semaksimal mungkin, tapi rasanya target budget Lebaran masih sulit tercapai, cobalah untuk mencari tambahan penghasilan selama Ramadan. Anda bisa membuka usaha musiman seperti berjualan takjil saat menjelang buka puasa atau memulai bisnis lainnya.

Itu tadi beberapa tips untuk mengelola keuangan saat momentum Ramadan serta Lebaran. Bila hal itu dilakukan, diharapkan Anda bisa menikmati nuansa Ramadan dan Lebaran dengan baik dan tenang bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya