SOLOPOS.COM - Kawasan Jl. Garuda Mas di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang menjadi pasar takjil saat Ramadan. Foto diambil Kamis (16/3/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Berburu takjil menjelang berbuka puasa telah lama menjadi budaya saat Ramadan. Aktivitas ini seringkali ditunggu masyarakat.

Sedangkan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner, kebiasaan berburu takjil saat Ramadan memberi kesempatan menambah penghasilan dan keberkahan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Tak mengherankan tentu beberapa sudut wilayah akan bermunculkan pasar takjil dadakan. Berikut ini rekomendasi beberapa lokasi terbaru di Kota Solo untuk berburu takjil jelang berbuka puasa.

1. Semarak Ramadan Pasar Takjil UMKM 2023 di Kawasan Manahan

Sebanyak 31 lapak akan meramaikan pasar takjil pada agenda Semarak Ramadan Pasar Takjil UMKM 2023 ini bertempat di halaman parkir barat Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma, Manahan Solo. Berlangsung mulai hari ini hingga 25 April 2023 nanti, yang dibuka pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Selain aneka takjil untuk buka puasa, dalam agenda tersebut juga dimeriahkan dengan live music setiap akhir pekan.

Para pedagang tersebut berasal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ataupun komunitas. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian (Dinkop UKMPerin) Kota Solo, Wahyu Kristina saat dihubungi Solopos.com pada Kamis (23/3/2023).

2. Ramadan Light Festival di Kawasan Balai Kota Solo

Terdapat 32 tenant yang mengisi pasar takjil selama satu bulan penuh di kawasan Balai Kota Solo. Selain itu, ada panggung untuk hiburan berupa pentas hadrah dan hiburan islami di plaza Balai Kota Solo. Ada kegiatan pendukung Ramadan Light Festival 2023 berupa Kampung Ramadan 2023 di utara parkiran Balai Kota Solo.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Siti Khotimah. Siti menguraikan Ramadan Light Festival 2023 kembali digelar untuk memeriahkan Ramadan 2023. Serta, di sepanjang Jl Jenderal Sudirman, Solo sampai Tugu Jam Pasar Gede Solo akan berhias lampu islami.

3. Wisata Kuliner Ketandan di Pasar Gede Solo

Dilansir dari akun Instagram, @grebeg_sudiro, pada Jumat (24/3/2023), di kawasan Ketandan, Pasar Gede Solo dimeriahkan dengan agenda Wisata Kuliner Ketandan mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB. Dalam acara tersebut dimeriahkan dengan aneka jajanan, kuliner dan minuman, live music, dan barongsai dance perfomance.

4. Nga-Bar Ngabuburit barang at De Tjolomadoe

Dilansir dari akun Instagram, @detjolomadoe_official, agenda Nga-Bar Festival Ngabuburit Bareng at De Tjolomadoe ini dibuka mulai 23 Maret 2023 hingga 20 April 2023 mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Wisata kuliner heritage Karanganyar ini bertempat di areal parkir motor.

Dalam agenda tersebut menghadirkan festival kuliner dengan berbagai macam pilihan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

5. Kawasan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Di sepanjang Jl. Garuda Mas di kawasan UMS mulai pukul 15.00 WIB berubah menjadi pasar takjil dadakan. Aneka makanan dan minuman bisa dipilih sebagai menu takjil untuk berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya