SOLOPOS.COM - Investasi Emas. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Bukan hal yang mengherankan emas hingga saat ini masih kerap dijadikan sebagai sarana investasi andalan banyak orang.

Alasannya karena logam mulia memang tergolong mampu memberi potensi keuntungan yang menjanjikan seiring berjalannya waktu.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Di samping itu, emas juga termasuk sebagai instrumen investasi dengan tingkat keamanan yang tak perlu diragukan lagi karena kebal dari inflasi dan mampu melindungi nilai aset pemiliknya.

Keunggulan lainnya, investasi emas juga bisa dilakukan oleh lebih banyak kalangan dengan modal yang sangat terjangkau. Hal tersebut terjadi berkat kehadiran layanan investasi emas yang kini telah ramai ditawarkan oleh beragam platform dan aplikasi.

Bahkan, investasi emas online bisa dibeli dengan modal mulai dari 10.000 saja, kapan pun serta di mana pun diinginkan.

Hanya, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berinvestasi emas agar mampu meraih potensi keuntungan maksimal dan menjamin keamanannya.

Nah, jika Anda ingin tahu apa saja tips investasi emas online, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Tentukan Dulu Apa Tujuan Investasi Emas

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Tergantung dari kebutuhan dan keinginan, tujuan investasi ini bisa sangat beragam, mulai dari mengumpulkan modal usaha, tabungan nikah, membeli properti, atau lain sebagainya.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, aktivitas investasi pun bisa dilakukan dengan lebih optimal dan lancar. Yang terpenting, tetap ingat jika emas yang akan dibeli harus sesuai kemampuan dan kondisi finansial.

Namun, karena harga beli dari emas online ini dimulai dari nominal 10 ribuan saja, aktivitas investasi tersebut tentu tidak sulit untuk bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

2. Rutin Pantau Nilai Emas Seiring Waktu

Seperti yang kita tahu, harga dari setiap instrumen investasi seiring berjalannya waktu pasti mengalami fluktuasi. Hal tersebut juga berlaku pada instrumen investasi emas digital.

Artinya, di waktu mendatang, harga emas tersebut bisa naik maupun turun tergantung dari kondisi pasar dan sejumlah faktor tertentu.

Karenanya, agar mampu meraih keuntungan optimal dan meminimalkan risiko kerugian, usahakan untuk rutin memantau nilai emas seiring waktu.

Memantau harga emas ini bisa menjadi kunci penting agar Anda dapat memutuskan kapan waktu terbaik untuk membeli maupun menjualnya. Jadi, peluang untuk mendapatkan imbal hasil maksimal dari investasi emas online menjadi lebih tinggi.

3. Pilih Layanan Investasi Emas Online yang Legal dan Terpercaya

Berinvestasi di jenis aset berharga selayaknya emas tentu mempunyai tingkat risiko yang tak boleh dipandang sebelah mata. Apalagi jika membeli emas dalam bentuk fisik, risiko yang harus ditanggung pemiliknya bisa sangat besar, khususnya terkait penyimpanannya.

Karena alasan tersebut, banyak orang yang mulai tertarik dengan investasi emas digital ini. Tapi, walaupun investasi emas digital memiliki tingkat keamanan yang relatif lebih tinggi, Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilih layanan atau platform.

Pasalnya, tidak sedikit oknum yang melakukan modus penipuan dengan kedok investasi emas online. Solusinya, cek dulu legalitas dan kredibilitas dari layanan investasi emas online yang akan dipilih.

4. Pahami Dulu Jenis Investasi Emas sebelum Membelinya

Dalam investasi emas konvensional, ada beragam jenis produk yang penting untuk diketahui, yaitu emas batangan, emas koin, dan perhiasan. Ketiganya tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan investor.

Sedangkan untuk investasi emas digital, layanannya juga terbagi ke dalam beberapa jenis, seperti menabung emas, konsinyasi emas, dan jual beli emas.

Masing-masing jenis investasi emas tersebut juga memiliki untung dan ruginya tersendiri. Karenanya, agar bisa memilih layanan yang terbaik dan paling sesuai, pelajari dulu jenis investasi emas sebelum membelinya.

5. Survei Platform atau Aplikasi Investasi Emas Lebih Dulu

Tips investasi emas digital yang terakhir adalah menyurvei aplikasi atau platformnya terlebih dulu. Walaupun memang dianggap lebih aman dan praktis, investasi emas online tetap memiliki risiko tersendiri yang harus diperhatikan investor.

Salah satunya terkait kemungkinan perusahaan penyedia layanan investasi emas online mengalami gulung tikar atau kebangkrutan. Jika hal tersebut sampai terjadi, Anda berisiko tidak bisa mencairkan modal investasi emas.

Meski masalah tersebut amat jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya untuk melakukan antisipasi daripada muncul penyesalan di kemudian hari.

Investasi Emas Online Bisa Menjadi Pilihan Ideal bagi Investor Pemula

Dibandingkan dengan investasi emas tradisional, investasi emas online memang memiliki beragam keunggulan yang membuatnya lebih menarik di mata investor.



Dengan tingkat keamanan yang terjamin, peluang keuntungan menjanjikan, dan proses yang praktis, investasi emas online juga ideal dipilih oleh investor pemula sekalipun.

Yang terpenting adalah, guna memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risikonya, jangan lupa untuk mengaplikasikan 5 tips investasi emas digital seperti yang telah dijelaskan di atas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya