SOLOPOS.COM - Ilustrasi dana bansos (sorotnews.com)

Solopos.com, SOLO —Pada Juni 2022 ini pemerintah dijadwalkan mengucurkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk mendorong masyarakat agar mampu pulih dari keterpurukan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

Bantuan sosial yang dikucurkan pada Juni 2022 ini mencakup beberapa macam.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Pencairan ini dilakukan seiring bertambahnya anggaran bansos hingga mencapai Rp18,6 triliun. Anggaran bansos tertinggi dipasang di sejumlah program seperti kartu sembako sebesar RP45,1 triliun serta PBI JKN sebesar Rp46,5 triliiun.

Berikut ini sederet bansos yang cair bulan Juni 2022, dihimpun dari berbagai sumber:

Baca Juga: PKH hingga BLT Minyak Goreng, Ini Sederet Bansos yang Cair April 2022

1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah bakal mencairkan BSU dengan total anggaran Rp8,8 triliun pada Juni 2022. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sebanyak 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta akan mendapat Bantuan Subsidi Upah (BSU).

“Berdasarkan arahan Bapak Presiden [Joko Widodo], program Bantuan Subsidi Upah [BSU] akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta, dan ini dalam waktu dekat akan diumumkan,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, Selasa (5/4/2022).

Dia mengungkapkan program BSU bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta merupakan bagian dari Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) tahun anggaran 2022. Realisasi anggaran PC-PEN hingga 1 April 2022 sebesar Rp29,3 triliun atau 6,4 persen dari alokasi sebesar Rp455,62 triliun.

2. BLT UMKM

Bansos lain yang juga cair pada Juni adalah BLT untuk pelaku UMKM.  Setiap pelaku UMKM akan mendapat bantuan sebesar Rp600.000. Bantuan menyasar 12,8 juta pelaku UMK di seluruh Indonesia.

Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan proses pencairan BLT UMKM baru akan dilakukan usai Lebaran. Pencairan belum bisa dilakukan karena masih menunggu anggaran dari Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Catat, Ini Sederet Bantuan Sosial yang Cair pada 2022

3. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja menjadi program pemerintah untuk pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan kepada pencari kerja, buruh/karyawan yang terkena PHK, maupun buruh/karyawan yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja. Ini juga bansos yang cair pada Juni 2022 ini.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja untuk gelombang 31 telah resmi dibuka pada hari Minggu (29/5/2022) yang lalu. Pada tahun 2022 ini, pemerintah meanggarkan program Kartu Prakerja mencapai Rp11 triliun.

4. Bansos PKH

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) yang menyasar ibu hamil akan cair pada bulan Juni 2022. Ibu yang sedang mengandung atau hamil dapat menerima bansos ibu hamil sebesar Rp3 juta. Bansos PKH telah dilakukan bulan April hingga Juni 2022 bersamaan dengan BLT minyak goreng. Ini juga menjadi salah satu bansos yang cair pada Juni 2022.

Baca Juga: BLT UMKM 2022 Cair Lagi, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

5. Bantuan Tunai PKL

Selanjutnya, bansos yang cair Juni adalah bantuan untuk PKL.  Pemerintah mengalokasikan dana Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) masing-masih sebesar Rp300.000 untuk setiap penerima. Ada 2,5 juta PKLW yang disasar, terutama usaha makanan.

6. Bantuan Modal Usaha

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan modal usaha sebesar Rp1,2 juta kepada para pedagang. Hal ini sebagaimana Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pedagang memerlukan tambahan modal untuk kembali menggerakan usahanya setelah terdampak pandemi Covid-19. Bantuan ini diharapkan juga cair pada Juni 2022 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya