SOLOPOS.COM - Pengumuman tidak resmi yang mengatasnamakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terkait perubahan tarif transfer antar bank menjadi sebesar Rp150.000 per bulan adalah hoaks.(Istimewa/BCA).

Solopos.com, SOLO — PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menegaskan pengumuman perubahan tarif transfer antarbank menjadi Rp150.000 adalah hoaks.

Baru-baru ini terdapat pengumuman tidak resmi yang mengatasnamakan BCA terkait perubahan tarif tersebut. Pengumuman ini banyak terdapat di aplikasi chatting dan mengajak nasabah menekan tombol view.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Setelah menekan tombol view, nasabah kemudian diarahkan kepada website atau laman palsu yang meminta data-data pribadi nasabah.

“Dalam hal ini BCA menegaskan bahwa pengumuman tersebut tidak benar dan merupakan aksi penipuan,” terang Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, pada Minggu (4/2/2024).

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau ketika nasabah mendapatkan pesan tersebut untuk langsung mengabaikan pesan. Terlebih jika dihubungi dengan menggunakan nomor pribadi.

Pihak bank hanya memberikan pengumuman/informasi dari nomor/akun resmi, yaitu Whatsapp Bank BCA pada bomor 08111500998.

Ketika menerima pesan tersebut, nasabah harus menghindari tombol view dan mengisi data. Jika sudah terlanjut klik, jangan mengisi formulir pada laman tersebut. Nasabah harus segera keluar dari laman yang terbuka dari halaman tersebut.

“Blokir nomor kontak dan hapus pesan. Kelola password mobile banking, buat password yang kuat dan ubah secara berkala. Laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi haloBCA,” kata dia.

Sebagai perbankan nasional, BCA mengaku akan terus memperkaya wawasan nasabah akan berbagai kejahatan dunia mayanyang mengintai.

“Kami juga terus menyuarakan imbauan kepada masyarakat dan nasabah untuk terus waspada dengan berbagai modus social engineering perbankan,” ujar Hera.

Hera mengimbau jika nasabah mendapatkan informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, nasabah dapat menghubungi kantor cabang setempat. Nasabah juga bisa menghubungi contact center Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA.

“Jangan pernah bagian data pribadi perbankan yang bersifat rahasia, seperti nomor kartu ATM, PIN, dan OTP,” pungkasnya.

Sebagai informasi, BCA adalah satu satu bank di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, UKM, dan konsumer.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya