SOLOPOS.COM - Tiang listrik di depan Pasar Sentolo dipindah (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO — Keberadaan tiang listrik di dekat rumah terkadang membuat membuat orang merasa kurang nyaman. Berikut adalah informasi mengenai cara memindah tiang listrik sekaligus estimasi biayanya.

Selain membuat pemandangan depan rumah kurang estestis, keberadaan tiang listrik terkadang mengganggu akses jalan. Tidak hanya itu, keberdaan tiang listrik dengan aliran listrik bertegangan tinggi cenderung tidak aman, khususnya bagi pemilik rumah yang dibangun dengan konsep dua lantai.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Pada dasarnya PLN berhak menggunakan lahan pribadi milik masyarakat untuk memasang tiang listrik dengan izin pemilik lahan. Hal ini dikarenakan pemasangan tiang tersebut bertujuan untuk kepentingan umum. Namun, apabila Anda merasa kurang nyaman, berikut adalah cara memindah tiang listrik sesuai prosedur seperti dilansir dari laman Biaya Tarif, Senin (13/2/2023).

Hubungi Pihak PLN

Langkah pertama yaitu hubungi pihak PLN setempat melalui email atau contact center untuk mengajukan permohonan pemindahan tiang listrik. Pastikan bahwa Anda memiliki alasan kuat ketika hendak menggeser tiang listrik. Anda juga dapat mengajukan permohonan pemindahan tiang listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

Lengkapi Dokumen

Pemohon juga diharuskan melengkapi beberapa dokumen atau data diri seperti berikut ini.

– Nomor ID pelanggan atau ID meter.

– Nama dan nomor identitas pemohon sesuai KTP.

– Surat persetujuan ataupun perjanjian pemindahan tiang listrik dari perwakilan aparat setempat.

– Alamat lengkap lokasi pengajuan penggeseran.

– Nomor telepon aktif yang bisa dihubungi.

– Alasan pemindahan tiang listrik.

Proses Persetujuan

Tahap selanjutnya terkait cara memindah tiang listrik yaitu pemohon menunggu keputusan dari pihak PLN, apakah disetujui atau tidak. Perlu diingat, apabila pengajuan dikuasakan maka pemohon harus melengkapi surat kuasa bermaterai.

Selain itu, pemohon juga perlu mempersiapkan lahan guna penempatan tiang baru dengan melengkapi surat persetujuan dari warga setempat. Hal ini perlu dilakukan karena pada saat realisasi pelaksanaan pemindahan gardu listrik akan dilakukan pemadaman sementara.

Biaya Pemindahan Tiang Listrik

Perlu diketahui, sebenarnya tidak ada peraturan khusus mengenai biaya pemindahan tiang listrik. Pasalnya kegiatan ini kembali pada keputusan PLN rayon setempat. Namun, tarif penggeseran tiang tersebut sepenuhnya dibebankan kepada pemohon.

Setelah tahu cara memindah tiang listrik, nantinya besaran biaya akan diinformasikan pihak PLN setelah melakukan survei lokasi. Paling tidak Anda harus mempersiapkan biaya pemindahan tiang listrik kurang lebih sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 4.000.000.

Besaran tarif atau ongkos pemindahan tiang tersebut tergantung dengan penilaian pihak PLN. Tingkat kesulitan serta kondisi lokasi tiang listrik juga bisa mempengaruhi besaran biaya realisasinya. Biaya di atas dapat dijadikan sebagai acuan bagi pengguna listrik komersial ataupun listrik sosial.

Setelah mengetahui cara memindah tiang listrik sekaligus besaran biayanya, rasanya kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak mengetahui bagaimana metode pembayarannya. Saat ini pembayaran pemindahan tiang listrik tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan nomor register melalui Kantor Pos ataupun loket mitra PLN.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan pembayaran melalui ATM bank yang telah bekerjasama dengan PLN. Beberapa bank tersebut di antaranya yaitu seperti bank BRI, Mandiri, BCA dan masih banyak lagi.

Demikian informasi mengenai cara memindah tiang listrik berikut estimasi biaya yang harus dipersiapkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca, khususnya yang berniat mengajukan permohonan pemindahan tiang listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya