SOLOPOS.COM - Ilustrasi transfer uang. (dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO – Transfer uang merupakan salah satu layanan perbankan yang banyak dimanfaatkan nasabah, termasuk bagi para pekerja migran di luar negeri. Berikut adalah cara mudah mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya.

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengiringan uang dari dan ke luar negeri bisa dilakukan dengan layanan remitansi. Remitansi merupakan layanan jasa pengiriman uang antarnegara.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Remitansi biasa digunakan sebagai cara mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau biasa disebut inward remittance. Tak hanya itu, remitansi juga bisa dipakai untuk mentransfer uang dari dalam negeri ke luar negeri atau outward remittance.

Remitansi melayani cara mudah mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya. Pengiriman uang melalui layanan remitansi dapat berupa transfer dengan tujuan rekening bank maupun diambil tunai. Pengiriman uang hanya dapat dilakukan pada jalur-jalur resmi yang sudah memiliki lisensi.

Saat ini ada banyak bank baik milik pemerintah ataupun bank swasta menyediakan jasa remitansi di manapun bank tersebut berada. Remitansi juga dilayani badan usaha yang menyediakan jasa pengiriman uang dan memiliki lisensi dari otoritas setempat.

Baca Juga: Pemerintah Masih Kaji Aturan Wisatawan Bisa Naik ke Candi Borobudur

Selain mengirimkan surat dan paket, Pos Indonesia juga melayani cara pengiriman uang melalui remitansi. Jangka waktu pengiriman dan penerimaan uang pasti terukur mulai dari real time online (diterima seketika) sampai dengan H+3 dari saat transaksi dilakukan tergantung ketentuan bank atau penyedia jasa pengiriman uang. Informasi lebih lanjut mengenai cara mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya akan dijelaskan di bawah ini.

Untuk nilai maksimum dari jasa pengiriman uang yang ditetapkan tiap negara berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, batas transaksi pengiriman uang valuta asing setara dengan Rp100.000.000,- per bulan per nasabah. Jika melebihi batas tersebut maka nasabah wajib untuk menyerahkan dokumen pendukung/underlying.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan terkait cara mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya menggunakan layanan remitansi.

  1. Lakukan transaksi di bank atau penyedia jasa pengiriman uang yang telah memiliki lisensi.
  2. Meminta bukti transaksi yang sah.
  3. Mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, dan/atau nomor rekening pengirim dan penerima uang dengan jelas dan detail untuk memudahkan pencairan.
  4. Biaya yang timbul saat mengirimkan uang yaitu biaya transaksi dan biaya komisi. Biaya transaksimerupakan biaya atas pelayanan jasa pengiriman uang yang berbeda pada masing-masing penyedia layanan jasa. Biaya komisi merupakan biaya atas aktivitas jual-beli valuta asing yang digunakan dalam transaksi.
  5. Mengecek kepada penerima setelah transaksi pengiriman uang dilakukan untuk memastikan bahwa uang telah diterima.
  6. Penerima yang mendapat pengiriman uang dalam bentuk tunai disarankan tidak memberitahukan Personal Identification Number (PIN) atau nomor referensi untuk pencairan uang.Mencairkan uang secara cash merupakan cara lain mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya melalui layanan remitansi.

Remitansi telah menjadi kekuatan bagi suatu negara dalam kontribusi devisa dan menjadi penggerak ekonomi bagi keluarga TKI di kampung halamannya. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng mengatakan, pada 2018 remitansi dari para pahlawan devisa ini menghasilkan pendapatan devisa sebesar US$8,8 miliar atau Rp127,6 triliun apabila dihitung berdasar kurs Rp 14.500 per dolar AS kala itu.

Baca Juga: UU PPSK Beri Pintu Akses Modal Industri BPR Syariah

The Global Knowledge Partnership on Migration and Development (Knomad) bahkan mencatat Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan remitansi terbesar. Demikian informasi terkait cara mudah mentransfer uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya melalui layanan remitansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya