SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SUKOHARJO – Menghemat air di rumah jadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memangkas pengeluaran setiap bulannya.

Mahalnya tagihan air bisa saja disebabkan kebiasaan sepele. Misalnya, lupa mematikan air keran bak atau bahkan mencuci tangan di wastafel, dan membiarkan air terus mengalir saat menggunakan sabun. Memang kelihatan sangat sepele, tapi justru kebiasaan itu bisa membuat tagihan air membengkak.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Lantas, bagaimana solusinya? Tidak perlu khawatir, dilansir dari Lifepal belum lama ini, berikut tips mudah menghemat air biar dompet kamu tidak kebobolan setiap bulan. Yuk, langsung saja intip caranya di bawah ini.

Baca Juga: Orchita Batik Solo Dobrak Pakem Agar Terlihat Kekinian

1. Jangan mandi terlalu lama

Apakah kamu punya kebiasaan mandi sampai berjam-jam? Kalau mau mulai menghemat air, kebiasaan tadi mulai dihindari ya.

Namun, untuk kamu yang sudah terbiasa mandi lama, sebaiknya ganti penggunaan bak mandi menggunakan shower karena terbukti lebih hemat. Tapi perlu diingat, jangan membiarkan shower terus menyala saat sedang menggunakan sabun atau sampo. Intinya, nyalakan shower untuk membilas atau penggunaan air lain secukupnya.

2. Kurangi aktivitas menyiram

Cara menghemat air selanjutnya adalah mengurangi aktivitas menyiram yang tanpa disadari ternyata sangat menguras isi dompet lho. Karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan mengurangi aktivitas menyiram atau mencuci kendaraan.

Kalau misalnya kamu menyiram tanaman setiap hari, jadwalkan jadi seminggu tiga kali. Begitu juga halnya dengan mengurangi mencuci kendaraan. Misalnya, cukup dua minggu sekali atau hanya ketika kendaraan kotor saja.

Baca Juga: Solo PPKM Level 3, Gibran: Sekolah Tatap Muka Dimulai September!

3. Matikan keran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak orang kerap lupa mematikan keran ketika menggunakan sabun pencuci tangan atau membiarkan keran terus terbuka saat tengah mencuci piring.

Ada juga yang gak mematikan keran saat menggosok gigi atau mencuci muka. Tahukah kamu kalau air keluar sia-sia terus menetes bakal membuat tagihan membengkak? Karena itu, secepatnya hentikan lah kebiasaan buruk tersebut dengan mematikan keran jika sedang tak menggunakan air.

4. Menggunakan keran aerator

Menggunakan keran aerator merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan buat menghemat air di rumah.

Keran aerator merupakan sebuah mesin penghasil gelembung udara yang bisa digunakan untuk menghemat air dengan mengurangi percikan dari keran. Dengan menggunakan keran aerator, maka secara efektif dapat menghemat energi dan mengurangi konsumsi air. Sehingga pengeluaran untuk membayar air pun ikut berkurang.

5. Gunakan toren air

Toren air penting banget sebagai bak penampungan untuk menghemat air. Pasalnya, cara ini sangat efektif dalam mengurangi penggunaan listrik pompa air yang digunakan saat diperlukan.

Sekadar diketahui, daya listrik yang dibutuhkan oleh pompa untuk bekerja lumayan besar, mulai dari 200 watt hingga 500 watt tergantung kapasitasnya. Jadi, selain lebih hemat air, biaya tagihan listrik juga ikut berkurang.

Baca Juga: Catat Ya! PPKM Diperpanjang Lagi, STRP Masih Jadi Syarat Penumpang KRL

6. Bikin lubang resapan air

Kamu mungkin pernah ngerasain kekeringan ketika musim kemarau dan kebanjiran ketika musim hujan datang. Selain merugikan secara aktivitas, kejadian seperti ini juga dapat bikin kantong terkuras habis.

Kenapa? Sebab, di musim kemarau ketika mesin pompa bekerja ekstra. Karena itu, kamu perlu membuat lubang resapan agar air yang melimpah saat musim hujan bisa tertampung di tanah sekitar rumahmu.

7. Saling mengingatkan antaranggota keluarga

Langkah preventif lainnya yang bisa kamu coba untuk menghemat air adalah dengan saling mengingatkan antaranggota keluarga untuk menghemat penggunaan air.
Kadang, kita suka gak menyadari betapa berharganya setiap tetes air yang keluar dari keran sampai kita merasakan yang namanya kekeringan.

Karena itu, poin kedelapan ini adalah langkah yang paling mudah sekaligus efektif untuk menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga.

8. Pilih perlengkapan rumah yang hemat air

Sebisa mungkin pilih juga perlengkapan rumah yang dapat menghemat air. Misalnya, mesin cuci atau pipa air dengan kualitas baik. Memang di awal akan mengeluarkan uang lebih banyak.
Namun, perlengkapan seperti ini pada akhirnya akan sangat berguna untuk menghemat pengeluaran tagihan air di setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya