SOLOPOS.COM - Buket bunga (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memasuki hari valentine, biasanya orang-orang akan membelikan hadiah untuk orang terkasih. Beragam jenis hadiah biasa diberikan sebagai tanda kasih sayang mereka. Bagi Anda yang ingin berbisnis di hari raya valentine, buket adalah pilihan yang tepat.

Buket valentine terbaik harus dibuat dengan bahan yang berkualitas. Beragam jenis buket bisa Anda pilih sebagai ide jualan online untuk hari raya valentine. Tetapi, bagaimana cara memulai bisnis buket?

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Cara Memulai Bisnis Buket

Sebelum membuka usaha, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal terlebih dahulu seperti di bawah ini. Berikut merupakan beberapa cara yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis buket.

1. Membuat Perencanaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat perencanaan. Perencanaan bisnis sangat penting untuk dilakukan agar memudahkan Anda saat menjalankannya. Mulailah membuat perencanaan dari segi target pasar, lokasi bisnis, modal, perhitungan keuntungan, dan lain sebagainya.

Adanya perencanaan bisnis yang baik, maka bisnis Anda akan berjalan lebih terstruktur. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, Anda bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

2. Berlatih Membuat Buket

Jika Anda ingin berjualan buket, maka Anda harus mencoba untuk membuatnya terlebih dahulu, atau biasa disebut trial and error. Dengan melakukan trial and error, maka Anda bisa lebih memahami bagaimana menghasilkan buket yang bagus dan berkualitas.

Anda bisa melihat tutorial membuat buket sederhana di Youtube atau melalui Google. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kreativitas Anda dalam membuat buket, agar hasilnya bisa lebih beragam dan tidak membosankan bagi konsumen.

3. Menggunakan Bahan dan Perlengkapan Berkualitas

Dalam berbisnis, sangat penting untuk Anda menggunakan bahan dan perlengkapan yang berkualitas. Produk yang berkualitas baik tentu akan memiliki harga jual yang tinggi pula. Maka dari itu, pilihlah bahan buket yang bagus dan premium.

Usahakan oleh Anda untuk mendapatkan bahan yang bagus, berkualitas, namun tetap menawarkan harga bahan yang terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa menjual buket dengan harga yang sedikit lebih tinggi, tetapi produk berkualitas baik.

4. Targetkan Usaha

Cara berikutnya adalah targetkan usaha. Mempunyai target saat membuka usaha ialah hal yang tak kalah penting. Dengan mempunyai target, maka Anda bisa mempunyai cakupan usaha yang telah ditentukan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, adanya target juga bisa mempermudah Anda untuk tetap fokus pada usaha yang Anda jalani. Walaupun ini masih terbilang bisnis kecil-kecilan, tetapi jika memiliki target yang tepat bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

5. Variasikan Jenis Buket

Ketika Anda menjual suatu produk buket, cobalah untuk membuat variasi jenis buket yang beragam. Jadi, Anda tidak hanya memiliki satu jenis buket saja. Misalnya juga seperti buket bunga asli, bunga artifisial, buket uang, buket makanan ringan, buket barang, dan lain sebagainya.

Jika Anda memvariasikan jenis buket yang dijual, maka konsumen juga akan lebih tertarik untuk membeli produk buket yang lain. Jadi, konsumen bisa memesan berbagai jenis buket yang berbeda di satu usaha yang sama.

6. Menerima Layanan Request

Selanjutnya adalah menerima layanan request. Layanan request adalah suatu layanan usaha dimana memungkinkan konsumen untuk melakukan request khusus terhadap suatu produk yang dipesan. Adanya layanan ini, konsumen bisa menentukan ingin mendapatkan buket yang seperti apa.

Jika Anda membuka layanan ini, tentu konsumen akan lebih menyukainya. Namun, di sisi lain pastikan juga Anda bisa menyanggupi segala permintaan konsumen. Jika terbatas pun Anda bisa menentukan konsumen boleh request apa saja.

7. Temukan Supplier Murah dan Berkualitas

Saat berbisnis buket, tentu Anda membutuhkan supplier. Mulai dari peralatan seperti kertas buket, pita, gunting, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih supplier yang mudah dijangkau oleh Anda, tetapi tetap menawarkan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus.

Mungkin hal ini akan sedikit lebih sulit sebab Anda harus mendapatkan supplier yang berbeda-beda. Jika Anda sudah menemukan supplier yang tepat, mungkin Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa harga grosir ketika membeli kebutuhan buket dalam jumlah yang banyak.

8. Pastikan Beri Pelayanan Terbaik

Ketika sudah mulai menjalani bisnis buket dan mendapat pesanan, pastikan Anda selalu memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan. Pastikan memberikan produk yang bagus, berkualitas, pelayanan yang ramah, fast response, dan juga dapat menangani sejumlah pertanyaan pelanggan.

Jika Anda memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Maka bukan tidak mungkin pelanggan akan memesan kembali di lain waktu. Lebih bagus lagi jika pelanggan tersebut merekomendasikan produk Anda kepada kerabat agar turut bisa melakukan pemesanan buket di tempat Anda.

Itu dia pembahasan mengenai cara berbisnis buket. Bisnis buket sangat bagus diterapkan ketika menjelang hari raya valentine. Sebab, akan banyak orang yang saling memberi hadiah yang manis dan romantis, salah satunya adalah buket.

Anda bisa mendapatkan bahan-bahan buket dengan harga murah dan kualitas terbaik di Blibli. Di Blibli, beragam jenis produk kerajinan bisa Anda temukan dengan mudah. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja buka aplikasi Blibli sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya