SOLOPOS.COM - Ilustrasi baterai mobil listrik. (Carusermagz.com)

Solopos.com, SOLO  Setelah mendirikan perusahaan produsen baterai bernama Indonesia Battery Corporation (IBC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki tantangan untuk bisa bersaing di tingkat dunia terutama tenggat operasi pabrik serta menggaet kerja sama dengan produsen otomotif global.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan strategi untuk menghadapi persaingan dua produsen baterai terbesar dunia adalah dengan cara menyelaraskan langkah dua negara produsen baterai terbesar yakni Amerika dan China. “Salah satu kunci dalam persaingan antara China dan AS untuk menjadi pemain dominan di baterai, saya pikir salah satu yang harus dilakukan adalah menyelaraskan Indonesia dengan dua produsen terbesar di dunia,” ujar Pahala.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Namun, Pahala menambahkan untuk bisa setara dengan dua negara tersebut diperlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, saat ini BUMN sedang menggenjot perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya dengan mengoptimalkan pabrik yang dimiliki IBC saat ini.

“Pembangunan produksi baterai ini membutuhkan waktu 5-6 tahun. Indonesia tidak bisa menunggu 5 tahun. Kami harus mulai mengembangkan ekosistem EV [electric vehicle], sekarang juga. Begitulah peta jalan yang kami miliki di IBC,” terang Pahala.

Baca Juga: Ini Beda Motor Listrik dan Sepeda Listrik

Sebaliknya, seiring perebutan teknologi yang lebih efisien, pabrikan mobil listrik telah merancang baterai tanpa nikel. Hal itu seperti dilakuan Tesla, sebagaimana tertuang dalam kuartal I/2022 yang menyebutkan bahwa hampir setengah kendaraan listrik produksinya beralih menggunakan baterai berbasis besi atau lithium ferro phosphate (LFP).

Sebelumnya Tesla memang menggunakan baterai berbasis nikel (NCA/NMC). Baterai LFP sama sekali tidak menggunakan nikel.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Incar Produsen AS dan China, BUMN Kejar Tayang Pabrik Baterai Kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya