SOLOPOS.COM - Pemain bas grup musik Slank, Ivan Kurniawan Arifin atau yang dikenal dengan Ivanka hadir menjadi salah satu juri pada ajang BUMN FEST 2023.

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah insan atau karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ternyata punya talenta seni. Hal itu terungkap pada event BUMN FEST 2023 pada cabang lomba band antar BUMN.

Tiga grup band yang berasal dari Pelindo, Jasa Raharja, dan Pegadaian berhasil melaju ke babak final yang akan digelar di Auditorium Gedung PLN Pusat, Jakarta, Sabtu (29/7/2023) pukul 15.00–18.00 WIB.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Selain lomba band, pada waktu bersamaan juga akan dilaksanakan final lomba vokal grup dan berbalas pantun. Untuk lomba vokal grup, tiga BUMN akan tampil di babak final yaitu BTN, Pelindo dan BNI. Sementara untuk berbalas pantun, BUMN yang berhasil tampil di final yaitu Telkom, BRI, BNI, dan PLN.

Pemain bas grup band Slank, Ivan Kurniawan Arifin atau yang dikenal dengan Ivanka hadir menjadi salah satu juri pada ajang tersebut. Ia menyampaikan apresiasi dan mengaku kaget melihat potensi insan BUMN di bidang seni yang ditampilkan pada lomba band.

“Rasanya tidak menyangka para pemain band ini adalah karyawan-karyawan BUMN yang selama ini kita kenal sehari-hari punya pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan publik dan pemerintah. Ternyata mereka punya sisi musikal yang enggak kalah kerennya dari pemain band profesional,” tutur Ivanka saat menjadi juri babak penyisihan lomba band BUMN FEST 2023, Minggu (23/7/2023).

Ivanka berharap event tersebut juga akan memantik insan-insan BUMN untuk bisa menghasilkan karya-karya terbaik di bidang seni.

“Sukses terus band-band BUMN. Semoga suatu saat ada yang bisa menelurkan karyanya sendiri,” ungkap Ivanka.

Klaster Energi dan Migas Raih Juara Pertama Cabang Fitness Dance

Pada cabang olahraga fitness dance atau biasa dikenal dengan nama zumba, Klaster Energi dan Migas berhasil meraih juara pertama, setelah meraih nilai tertinggi dari 10 peserta dari 10 klaster BUMN. Sementara Klaster Jasa Keuangan menjadi juara kedua, diikuti Klaster Komunikasi dan Media yang menjadi juara ketiga.

Lomba cabang olahraga fitness dance dilaksanakan di PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat), Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2023). Salah satu juri yang juga pelatih Nasional Aerobic Gymnastics dan menjabat Ketua Bidang Oganisasi IOSKI (Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia), Flavia Domitilla Jovita Respati, mengatakan beberapa unsur yang menjadi penilaian dari tim juri adalah kreativitas, estetika gerakan, kekompakan, kebugaran fisik, dan penampilan.

“Lomba fitness dance BUMN FEST sangat luar biasa. Semua atlet terlihat bersungguh-sungguh memperlihatkan kemampuannya. Seperti juara pertama, mereka memiliki teknik gerak yang sangat baik dan merata. Mereka juga memiliki estetika gerak yang sangat sesuai dengan gerakan yang diberikan oleh instruktur,” tutur Flavia.

Sementara itu, salah satu peserta fitness dance dari PLN, Anisa Priyandini Widuri, menilai selain menjadi ajang unjuk gigi, ajang BUMN FEST ini juga menjadi wadah untuk refreshing sekaligus memperkuat kolaborasi antar insan BUMN.

“Hari ini seru banget semuanya! Kita bisa olahraga bersama dengan teman-teman BUMN lain. Bonusnya kami bisa juara. Emigas juara satu! Emigas, Gas! Emigas, Gas!” ucap Anisa.

Event BUMN FEST 2023 merupakan ajang yang digelar oleh Forum Humas dan Kementerian BUMN dan menjadi bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun ke-25 Kementerian BUMN. Pertandingan seni ini diharapkan dapat memupuk kreativitas dan kolaborasi dari insan BUMN.

Garda Depan Ekonomi Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan sebagai garda depan ekonomi Indonesia, seluruh BUMN harus mampu berkolaborasi agar bisa memberikan yang terbaik pada masyarakat.

“Transformasi SDM merupakan hal yang penting buat BUMN. Salah satunya dengan acara ini, kami bongkar agar kegiatan lebih bersinergi dan kolaboratif. Kami bikin kejuaraan budaya dan olahraga tapi per klaster supaya tidak ada perbedaan dan menumbuhkan rasa kebersamaan,” ujar Erick dalam acara Opening BUMN FEST di halaman Gedung BUMN, Senin (17/7/2023).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis Kementerian BUMN, Faturohman, mengatakan ajang yang diinisiasi Forum Humas BUMN ini diikuti 3.209 peserta dari 12 klaster BUMN. Tim dari Kementerian BUMN pun ikut serta dalam ajang BUMN FEST 2023.

“Tidak hanya sebuah ajang kompetisi, saya melihat di setiap venue, ajang ini berhasil jadi wadah kolaborasi dan memperkuat soliditas antar insan BUMN,” ucap Faturohman.

Saat ini seluruh pertandingan olahraga telah selesai dilaksanakan dan melahirkan para pemenang. Masih ada babak final untuk beberapa cabang seni seperti lomba band, vokal grup dan berbalas pantun.

“Seluruh pertandingan olahraga menggunakan wasit profesional dari organisasi atau asosiasi olahraga yang menaunginya. Sementara, untuk kompetisi seni kami mendatangkan juri yang kompeten dan kredibel, seperti Ivanka Slank,” pungkas Faturohman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal lomba, masyarakat dapat mengunjungi situs web https://bumnfest.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya