SOLOPOS.COM - Mungkin banyak orang yang penasaran berapa besaran gaji pegawai negeri sipil (PNS) Bea Cukai di bawah Kementerian Keuangan. (Ilustrasi/Freepik).

Solopos.com, JAKARTA — Suatu negara membutuhkan utang untuk menstabilkan kondisi keuangannya. Indonesia tercatat memiliki utang luar negeri yang masih terbilang sehat.

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia turun menjadi sebesar US$403,1 miliar per akhir April 2023, dari bulan sebelumnya sebesar US$403,1 miliar.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Utang luar negeri Indonesia yang sehat ditunjukkan oleh dominasi ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 87,6 persen dari total ULN.

Dilansir dari Bisnismuda.id yang merupakan jaringan dari Bisnis.com, berikut adalah 10 negara terbesar yang memberikan utang ke Indonesia.

1. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini menjadi negara yang memberi utang paling besar ke Indonesia. Total utang yang dipinjamkan Singapura untuk Indonesia sebesar US$57,43 miliar.

2. Amerika Serikat

Negara kedua yang memberi utang paling banyak ke Indonesia adalah Amerika Serikat. Negeri Paman Sam meminjamkan ke Indonesia sebesar US$31,67 miliar.

3. Jepang

Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya ini juga masuk dalam 5 besar negara yang memberi utang besar ke Indonesia, bahkan masuk urutan ketiga. Jepang memberikan pinjaman sebesar US$23,58 miliar.

4. China

Negeri Tirai Bambu yang juga terkenal dengan industri manufakturnya menduduki urutan keempat. Total uang yang dipinjamkan China untuk Indonesia sebesar US$20,42 miliar.

5. Hong Kong

Hong Kong adalah sebuah wilayah yang terletak di sisi selatan Negara Tiongkok atau China. Sebenarnya Hong Kong masih menjadi bagian dari China. Negara Indonesia meminjam dari Hong Kong sebesar US$17,71 miliar.

6. Negara Asia Lainnya

Negara-negara asia lain terutama negara yang masih berkembang juga menjadi pemberi pinjaman bagi Indonesia. Jumlah pinjamannya sebesar US$10,36 miliar.

7. Korea Selatan

Korea Selatan yang terkenal dengan K-Popnya memberikan pinjaman ke Indonesia dengan total nilai US$6,58 miliar.

8. Jerman

Jerman menjadi negara kedelapan yang memberikan pinjaman terbesar untuk Indonesia. Total pinjamannya sebesar US$5,23 miliar.

9. Belanda

Selain beberapa kali memberikan bantuan dana untuk Indonesia, Belanda juga memberikan pinjaman. Total pinjaman dari Belanda sebesar US$4,83 miliar.

10. Perancis

Negara terakhir yang memberikan banyak pinjaman ke Indonesia adalah Perancis. Perancis memberikan pinjaman sebesar US$4,09 miliar.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya