SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan uang sesuai menukarkan uang baru di mobil kas keliling di Pasar Legi, Solo, Jumat (1/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, JAKARTA – Setelah dua tahun terakhir ditiadakan karena pandemi Covid-19, Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan kas keliling untuk penukaran uang tunai pada momentum Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Baca Juga: Bank Indonesia Solo Gelar Kick Off Penukaran Uang di Pasar Legi

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, mengatakan BI menyiapkan uang tunai senilai Rp175,26 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri tahun ini. BI juga mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan aplikasi Pintar untuk layanan penukaran uang.

Baca Juga: Bank Indonesia Solo Resmikan Pembayaran Nontunai QRIS di Lingkungan UNS

“Jadi [penukaran uang] bisa mengakses situsnya Pintar, kemudian di situ bisa melakukan pemesanan apa yang diinginkan, pada tanggal berapa, jumlahnya berapa, itu bisa dilakukan,” kata dia pada acara Kick Off: Serambi Rupiah Ramadan, Senin (4/4/2022).

Aida menjelaskan penggunaan aplikasi Pintar penting dilakukan untuk mengurangi risiko kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Layanan secara online itu juga akan memberikan kemudahan dan kenyamanan. Selain itu juga memberikan kepastian baik dari sisi jumlah maupun kualitas.

Baca Juga: 7 Mobil Kasling Siap Layani Penukaran Uang di Solo, Bisa Pakai QRIS Lho

Layanan penukaran uang melalui aplikasi Pintar dapat dilakukan di kantor pusat dan kantor perwakilan, maupun di layanan kas keliling penukaran uang BI. BI juga bersinergi dengan perbankan untuk perluasan layanan penukaran uang tahun ini. Total sudah ada 5.300 lokasi penukaran, yaitu 453 lokasi di Jabodebek dan sisanya 4.560 lokasi di luar wilayah Jabodebek.

Berita ini sudah tayang di Bisnis.com berjudul: BI Kembali Buka Layanan Kas Keliling, Pemesanan Uang Tunai Kebutuhan Lebaran Bisa Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya