SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com, SOLO — Di tengah pandemi Covid-19, salah satu bisnis yang masih menjanjikan adalah bisnis retail khususnya minimarket.

Hal ini mungkin didorong perubahan pola konsumsi masyarakat yang lebih memilih belanja di minimarket terdekat daripada supermarket demi menghindari kerumunan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Salah satu minimarket yang menjadi sudah sangat familiar bagi masyarakat adalah Indomaret. Bila Anda juga punya keinginan untuk menjalankan bisnis minimarket, terutama Indomaret, boleh juga hlo.

Seperti dilansir Bisnis.com, Indomaret telah menerapkan pola kemitraan sejak 1997. Berbekal pengalaman yang panjang itu, Indomaret bisa menjadi salah satu opsi berbisnis minimarket. Untuk estimasi total biaya franchise Indomaret mencapai Rp394 juta.

Baca Juga: Butuh Modal Mulai Rp250 Juta, Ini Cara Membuka Pertashop Pertamina

Biaya itu terdiri atas biaya franchise selama 5 tahun sebesar Rp36 juta, promosi dan persiapan persiapan pembukaan toko Rp9,5 juta. Selain itu, biaya franchise digunakan untuk renovasi dan tambah daya listrik Rp170,5 juta dan peralatan elektronik dan non-elektronik senilai Rp178 juta.

Namun biaya itu belum belum termasuk dengan biaya sewa bangunan. Biaya estimasi renovasi tersebut merupakan bangunan ruko, dan apabila tempat yang akan ditempati sebagai gerai bukan ruko, maka ada penyesuaian biaya renovasi.

Prospek bisnis minimarket ini juga semakin cerah jika lokasinya strategis. Bila punya minat atau keinginan, ada sejumlah tahapan dalam pembukaan gerai baru Indomaret yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini seperti dikutip dari indomaret.co.id :

Baca Juga: The Alana Hotel & Convention Center Solo Raih Agoda Gold Circle Award

1. Sudah memiliki calon lokasi

2. Presentasi awal

3. Survei tempat usaha (ruang usaha/ruko/kios)

4. Pengukuran dan evaluasi KKI

5. Pengurusan izin usaha minimarket

6. Pembangunan fisik/renovasi

7. Pembukaan gerai

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengalihan kepemilikan gerai Indomaret yang sudah beroperasi. Adapun untuk biaya estimasi investasi gerai take over mulai dari Rp 700 juta, dengan sudah termasuk sewa bangunan selama 5 tahun.

Sedikitnya ada lima syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa terjun di bisnis waralaba Indomaret. Lima syarat tersebut adalah:

1. Warga negara Indonesia

2. Menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120-200 meter persegi

3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket meliputi IMB/IPB Ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP, dan lainnya

4. Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta

5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya