SOLOPOS.COM - Terkait bantuan subsidi upah (BSU) 2023 apa cair lagi, Kemnaker memberikan penjelasan. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO – Bantuan subsidi upah (BSU) 2023 apa cair lagi? Mungkin ada yang bertanya seperti itu terutama para pekerja.

Terkait hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan bantuan subsidi upah atau BSU 2023 belum diadakan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Hal tersebut disampaikan Kemnaker melalui akun Instagram resmi @kemnaker Rabu (11/1/2023). “BSU 2023 belum diadakan kembali ya,” tulis Kemnaker belum lama lama.

Melalui laman resmi bsu.kemnaker.go.id juga disampaikan permohonan maaf atas kekeliruan pengumuman notifikasi BSU 2023.

“Saat ini kami sudah memperbaiki kekeliruan pada pengumuman notifikasi BSU 2023 akibat adanya kesalahan teknis,” tulis Kemnaker.

Disampaikan juga bahwa penyaluran BSU 2022 telah ditutup pada 27 Desemver 2022.

“Semoga BSU 2022 ini dapat bermanfaat untuk meringankan rekan pekerja/buruh dalam memenuhi keperluan sehari-hari,” demikian tulis pengumuman Kemenaker.

Jadi, bagi yang bertanya soal BSU 2023 apa cair lagi, jawabannya tampaknya jelas bahwa program tersebut kemungkinan tidak ada lagi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyebut bahwa program BSU kemungkinan tak akan dilanjutkan pada 2023.

Airlangga menuturkan, penyaluran BSU pada 2022 didasarkan atas adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), sementara pada 2021 penyaluran BSU sebagai bentuk bantuan saat pandemi Covid-19.

“Kemarin [penyaluran BSU] dilanjutkan karena ada kenaikan dan penyesuaian BBM, sementara ini [untuk tahun depan] belum ada lagi,” ujar Airlangga seperti dikutip dari Bisnis.com.

Meskipun ada ancaman resesi pada tahun ini, Airlangga cukup optimistis Indonesia mampu bertahan lantaran pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III/2022 masih di atas 5 persen.

Oleh karena itu, dia menyebut pemerintah belum ada rencana untuk melanjutkan program BSU pada 2023. Adapun, penyaluran BSU 2022 telah ditutup pada 27 Desember 2022.

Berdasarkan data Kemnaker, BSU telah disalurkan kepada 12.111.906 pekerja/buruh dari target 12.709.170 pekerja/buruh.

Itulah ulasan tentang BSU 2023 apa cair lagi, yang kenyataannya belum ada tanda-tanda realisasinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya