SOLOPOS.COM - Petugas Kementerian Agama dan pegawai BSI mendorong jemaah haji lansia di Embarkasi Haji Pondok Gede Jakarta Timur. (Istimewa/BSI)

Solopos.com, SOLO–PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyediakan 200 kursi roda untuk jemaah haji lansia selama ibadah haji di Tanah Suci. BSI bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) bersinergi memberikan layanan kursi roda bagi jemaah lansia di titik Masjidil Haram dan Terminal Syib Amir dan Jiyad.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna menyebut berdasarkan data internal BSI, sebanyak 53% calon jemaah haji di BSI sebagian besar berusia di atas 55 tahun.

Promosi Telkom Dukung Startup untuk Berkontribusi dalam Pengembangan IKN

Untuk memudahkan para jemaah, BSI telah menyiapkan layanan pra dan pascahaji yang bisa digunakan calon jemaah haji BSI, terutama warga lanjut usia (lansia). Pihaknya berkomitmen untuk mengoptimalkan layanan bagi jemaah haji yang berusia lansia melalui penyediaan 200 kursi roda selama ibadah haji.

Nantinya, jemaah lansia Indonesia dapat mengajukan kursi roda ke ketua kloter, kemudian diteruskan ke ketua sektor. Dengan syarat jemaah tersebut merupakan jemaah kategori lansia atau sakit yang sangat tergantung dengan kursi roda serta tidak membawa kursi roda dari Tanah Air.

“Jemaah haji Indonesia yang berusia lansia harus difasilitasi dengan baik. Apalagi, mereka adalah tamu istimewa yang telah menunggu lama untuk bisa beribadah haji di tahun ini. Hal inilah yang menjadi spirit BSI untuk terus menjadi sahabat finansial, sosial dan spiritual bagi masyarakat,” jelasnya dalam keterangannya yang dikutip Selasa (4/6/2024).

BSI mencatat kinerja tabungan haji yang mengalami pertumbuhan positif hingga April 2024. Hingga periode tersebut total dana pihak ketiga (DPK) tabungan haji BSI mencapai Rp11,86 triliun.

Angka ini tumbuh sebanyak 14,09% secara year on year dengan jumlah nasabah tabungan haji sebanyak 5,1 juta nasabah.

“Kami mengimbau bagi para jemaah haji untuk melakukan cashless selama ibadah haji guna keamanan maupun kemudahan bertransaksi. Nasabah bisa memanfaatkan kartu BSI Debit Mabrur/Debit Haji,” kata Anton.

Pada bagian lain, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar mengatakan siap memfasilitasi layanan bagi jemaah haji Indonesia yang berusia lanjut.

“Nantinya kursi roda ini akan dioptimalkan bagi jemaah yang membutuhkan agar bisa menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman,” beber dia.

Saat ini, ungkapnya, Kementerian Agama RI juga menyediakan 11 posko kesehatan di Mekkah dan enam posko kesehatan di Madinah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya