SOLOPOS.COM - Bank Syariah Indonesia. (ilustrasi/Bisnis).

Solopos.com, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng maskapai penerbangan Garuda Indonesia menghadirkan nilai tambah layanan haji.

Kolaborasi tersebut merupakan komitmen BSI untuk terus memperkuat pelayanan calon jemaah haji Indonesia. Terlebih, pada musim haji tahun ini, lebih dari 81% dari total jemaah haji Indonesia di 14 embarkasi haji merupakan nasabah BSI.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

BSI menjalin kerja sama dengan berbagai mitra strategis khususnya Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional yang menjadi penyedia layanan penerbangan haji pada tahun 2023. Melalui kemitraan tersebut, BSI memberikan Sajadah Exclusive kepada jemaah haji Indonesia yang dilaksanakan secara simbolis pada penerbangan kepulangan haji Garuda Indonesia GA 983 yang mengangkut sebanyak 281 jemaah haji Indonesia pada Rabu (19/7/2023) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Alhamdulillah, segenap insan BSI sangat berterima kasih karena BSI mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menempatkan tabungan hajinya. Kami juga terus berkomitmen untuk memperkuat peran dan layanan dalam memfasilitasi masyarakat untuk berhaji, termasuk meningkatkan kolaborasi dengan Garuda Indonesia untuk memberikan pengalaman berhaji yang baik bagi jemaah,” kata Direktur Sales & Distribusi BSI, Anton Sukarna, saat menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara Soekarna Hatta Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Kolaborasi antara BSI dengan Garuda Indonesia merupakan komitmen dari kedua perusahaan untuk memberikan apresiasi dan pengalaman berhaji yang berkesan bagi jemaah melalui pemberian cendera mata serta penyambutan khusus oleh manajemen BSI dan Garuda Indonesia.

Data Kementerian Agama RI menyebutkan total jemaah haji yang mendapat kuota haji tahun ini berjumlah lebih dari 210.000 orang. Dari total jemaah haji tersebut, lebih dari 169.000 orang jemaah regular merupakan nasabah BSI. Persentase tertinggi berada di Embarkasi Solo sebesar 17,5 %, lalu embarkasi Surabaya 16,3 %, dan sisanya tersebar di kota-kota seluruh Indonesia.

Sinergi Strategis

Lebih lanjut Anton menjelaskan haji merupakan salah satu fokus BSI dalam mengembangkan ekosistem Islam. Ibadah haji ini menjadi ciri khas dan amanah bagi bank syariah untuk memberikan layanan prima bagi seluruh jemaah.

“Kami terus mendapatkan kepercayaan dari nasabah yang tercermin dari minat masyarakat untuk mempersiapkan haji melalui tabungan haji BSI, yakni per Juni 2023, lebih dari 4,7 juta nasabah telah menabung tabungan haji di BSI,” ujar Anton dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan sinergi strategis antara kedua entitas bisnis ini menjadi upaya berkesinambungan Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk terus memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasanya khususnya bagi jemaah Haji Indonesia.

“Kami memahami bahwa perjalanan ibadah haji tahun ini merupakan momentum ibadah yang telah dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, inisiatif bersama BSI kami harapkan dapat menghadirkan pengalaman perjalanan haji yang semakin berkesan dengan berbagai nilai tambah yang diberikan dalam momen perjalanan haji ini,” tambah Irfan.

Irfan memaparkan ke depannya diharapkan kolaborasi sejenis bersama BSI akan terus dapat ditingkatkan untuk memberikan manfaat berkelanjutan bagi jemaah haji Indonesia dalam upaya peningkatan kualitas dan layanan penerbangan dari dan menuju Tanah Suci.

“Berbekal pengalaman selama lebih dari enam dekade melayani penerbangan haji, kolaborasi bersama BSI serta mitra strategis lainnya kami harapkan dapat semakin memaksimalkan komitmen kami menghadirkan konektivitas layanan penerbangan haji yang tidak hanya mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan. Selain itu juga menjawab kebutuhan penumpang atas berbagai nilai tambah layanan penerbangan yang kami hadirkan pada seluruh touch point layanan Garuda Indonesia,” jelas Irfan.

One Stop Solution

BSI dengan produk BSI Tabungan Haji Indonesia memberikan kemudahan kepada nasabah untuk dapat melakukan perencanaan haji dan umrah, dalam bentuk Rupiah dan Dollar, serta berbagai program menarik di antaranya Labbaik Special Gift, top up saldo serta program ABATANA (Ayo Berhaji Aman dan Terencana).

BSI juga menyediakan BSI Tabungan Haji Muda Indonesia untuk anak, sehingga orang tua dapat merencanakan haji anaknya sejak dini dan bisa didaftarkan nomor porsi sejak usia 12 tahun.

Selain itu, kemudahan layanan pendaftaran setoran awal haji di BSI dapat dilakukan secara online yang terkoneksi dengan Siskohat Kementerian Agama, sehingga jemaah yang ingin merencanakan haji dapat melakukannya secara one stop solution di BSI.

BSI juga menyediakan Hajj & Umroh Concierge khusus untuk nasabah BSI Prioritas yang terdiri dari layanan konsultasi spiritual untuk membantu nasabah terkait tata cara dan pelaksanaan ibadah haji dan umrah, layanan solusi finansial untuk membantu nasabah terkait perencanaan keuangan untuk pelunasan haji dan umrah, dan paket-paket eksklusif serta kemudahan transaksi untuk kenyamanan beribadah di Tanah Suci.

BSI telah menyiapkan serangkaian layanan dan program yang nantinya dapat dimanfaatkan jemaah haji Indonesia. Di antaranya layanan penukaran uang riyal, layanan BSI Debit Haji berlogo VISA yang dapat digunakan jemaah selama di Tanah Suci dan setibanya di Indonesia untuk kebutuhan transaksi penarikan uang tunai di ATM berlogo VISA maupun kebutuhan berbelanja di merchant-merchant yang berlogo VISA, serta BSI Mobile yang bisa digunakan untuk transaksi di mana pun dan kapan pun dengan Call Centre 14040 yang siap melayani nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya