SOLOPOS.COM - Bazaar UMKM BRILiaN di Kantor BRI Pusat pada Jumat (18/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) menghadirkan suka cita dan semangat kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri.

Peringatan hari kemerdekaan yang jatuh pada Kamis (17/8/2023) diharapkan dapat menjadi momentum mendorong Indonesia menjadi negara maju, sebagaimana tema HUT ke-78 RI “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dalam rangka merayakan dan memaknai hari kemerdekaan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyelenggarakan BRILian Independence Week2023 pada Kamis-Jumat (17-18/8/2023).

Di samping kegiatan upacara bendera dan berbagai lomba khas kemerdekaan, rangkaian acara tersebut juga menyajikan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi para nasabah dan pelaku Usaha Mikro, Kecildan Menengah (UMKM) yang tersaji dalam Bazaar UMKM BRILiaN di Kantor BRI Pusat pada Jumat (18/8/2023).

Kegiatan ini menghadirkan 8 klaster unggulan yang secara intensif didampingi oleh Mantri BRI Unit dan mendapatkan dukungan program pemberdayaan dari BRI.

Bazaar kali ini diikuti oleh Klaster Durian Kuyambut, Klaster Jambu Kristal Tanwidjie, Klaster Pokhlasar Mekarsari, Klaster Wanita Nelayan, Klaster Tani Maju Jeruk Sipiturang, Klaster Keripik Ubi Banjar, Klaster Kelompok Tani Alpukat Tempilang, dan Klaster Kampung Nanas.

Bazaar ini diharapkan tidak sekadar memperkenalkan produk masing-masing klaster namun juga menginspirasi lebih banyak UMKM binaan BRI bangkit dan maju bersama.

Direktur Bisnis Mikro BRI Suparimengungkapkanbahwa UMKM merupakan fundamental utama dalam penerapan ekonomi kerakyatan.

Peningkatan kesejahteraan UMKM bisa memiliki multiplier effect yang kuat bagi ekonomi Indonesia.

“BRI memiliki journey pemberdayaan yang komprehensif, mulai dari pemberdayaan dasar hingga membuka pasar bagi pelaku usaha binaan. Dalam rangka mendukung skala bisnis klaster usaha binaan, BRI secara rutin mengadakan pameran, salah satu nya Bazaar Klaster Mantriku, yang bertujuan memperkenalkan produk – produk unggulan klaster usaha kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam rangkaian BRILian Independence Week 2023 ini juga menyajikan kebermanfaatan dari sektor pendidikan melalui program CSR BRI Peduli. Program ini berbentuk pemberian apresiasi dana Pendidikan kepada seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional dan tenaga pendukungnya. BRI konsisten memberikan bantuan ini selama 13 tahun berturut-turut.

Tak sampai di sana, beasiswa juga diberikan kepada 1.800 anak berprestasi di Desa binaan BRI atau Desa BRILian. Setiap penerima bantuan/anak mendapatkan apresiasi dana yang penyerahan secara simbolis dilakukan kepada 3 perwakilan anak yang diundang langsung ke Kantor Pusat BRI pada saat BRILiaN Independence Week.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan apresiasi tersebut bertujuan untuk memotivasi generasi penerus bangsa agar tetap berprestasi. Hal ini sesuai dengan komitmen kami bahwa kehadiran BRI dapat memberikan value dan men-deliver value untuk masyarakat secara luas.

Masih banyak rangkaian menarik yang dihadirkan BRI pada BRILian Independence Week 2023. Mulai dari kegiatan Culture Fest berupa show case yang diantaranya menampilkan program culture activationBRIGADE MADANI(BRI, Pegadaian, dan Madani).

Program ini ditujukan untuk menginternalisasi core values AKHLAK yang menjadi bagian dari strategi Holding Ultra Mikro (Umi) dalam menjalankan inisiatif strategis dalam memperkuat ketangguhan UMKM dan Inklusi Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya