SOLOPOS.COM - Juragan 99 dan istrinya, Shandy Purnamasari. (Instagram/@juragan_99)

Solopos.com, SOLO — Masih hangat jadi perbincangan jagat maya soal dugaan penjualan MS Glow, brand kosmetik milik pengusaha Gilang Widya Pramana atau Juragan 99 yang dikabarkan mencapai Rp600 miliar per bulan. Alhasil nama brand skincare ini pun sempat trending pada Kamis (24/3/2022).

Bahkan tak sedikit warganet yang membandingkan penghasilan MS Glow dengan merek kosmetik terkenal, salah satunya Wardah.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Wardah yang notabenenya di bawah Paragon aja cuma 15M per bulan. Makanya ga masuk akal kalo MSGlow bisa sampe dapatin omset 20M per hari,” cuit seorang netizen di Twitter.

“Don’t underestimate beauty business 🙂 Wardah begitu cepat kan besarnya. MS Glow marketingnya gokil di tiap satu wag aja dulu waktu aku masi ada wa agen MSGlow bisa 2-3 orang di satu grup,” timpal netizen yang lain.

Baca Juga: Shandy Purnamasari Beri Klarifikasi Terkait Omzet MS Glow

Lantas apa benar MS Glow telah menyalip Wardah?

Berdasarkan data dari layanan analisis bisnis dan digital marketing, Compas.co.id menunjukkan bahwa brand MS Glow memang menjadi juara di periode 14-28 Februari pada kategori paket kecantikan.

Penjualan terbesar terjadi di Shopee dengan sales volume 84.1% sedangkan di Tokopedia sebesar 15.9%. Penjualan produk tetap dimenangkan oleh seller MS Glow Indonesia Official Shop, walaupun secara grafik, non-official store menguasai penjualan produk.

Pada sisi produk, MS Glow memiliki beberapa varian paket kecantikan dengan manfaat dalam kandungannya. Produk “MS Glow Paket Wajah” menjadi produk terlarisnya MS Glow. Selanjutnya, paket kecantikan MS Glow pria melengkapi posisi kedua dan ketiga.

Baca Juga: Juragan 99 Unggah Foto Pelaporan SPT, Warganet Kepo Pajak per Bulannya

Masih berdasarkan data compas.co.id yang merangkum dari sekitar 32.200 listing produk (sekitar 16.200 listing di Non-Official store dan lebih kurang 1.400 listing di Official Store).

Untuk periode 14-28 Februari 2022, penjualan paket kecantikan di Shopee dan Tokopedia dipimpin oleh Brand MS Glow dengan volume 13,3%. Disusul oleh Bening+ Indonesia dan Scarlett whitening bersaing ketat dengan sales volume masing-masing 3,5% dan 2,6%. Sedangkan Wardah berada di peringkat 7.

Beberapa brand lokal yang menyediakan skincare dalam bentuk paket kecantikan ternyata berhasil menjadi brand terlaris.

Baca Juga: Juragan 99 MS Glow Raup Rp600 Miliar Per Bulan, Lampaui Wardah?

Salah satunya yaitu MS Glow pada periode 14-28 Februari berhasil menjadi juara di kategori paket kecantikan. Pada awalnya, founder MS Glow yaitu Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala memulai usaha dibidang kecantikan menjadi reseller dan menjual produk secara eceran.

Meskipun menjual produk kosmetik secara eceran namun pertumbuhan penjualannya terus meningkat sehingga Shandy memiliki ide untuk membuat brand kosmetik sendiri. Lalu terbentuk MS Glow yang diambil dari singkatan nama mereka sendiri yaitu Maharani dan Shandy.

Dari data yang diambil oleh tim internal Compas pada 69.000 produk MS Glow yang terlisting di Shopee melalui metode online crawling, pada bulan Juli 2021 saja MS Glow berhasil menyelesaikan total kurang lebih 376.000 transaksi.

Baca Juga: Silaturahmi ke Solopos, CEO Wardah Bicara Soal Inovasi dan Kepedulian

Total penjualan yang dimiliki brand ini dalam satu bulan saja sudah sangat tinggi, yaitu mencapai Rp39,62 miliar dengan kurang lebih 376.000 total transaksi yang telah berlangsung di official store maupun non-official.

Sementara itu, brand Wardah data dari compas.co.id pada awal Februari 2021 menunjukkan bahwa brand ini berhasil meraih total penjualan sebesar Rp13,4 Miliar di marketplace hanya dalam 2 pekan saja.

PT Paragon Technology and Innovation, produsen kosmetik yang membawahi sejumlah brand seperti Wardah, Emina dan Make Over juga telah memperluas pasar dengan mengekspor ke Malaysia senilai Rp22,9 miliar pada 2020 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya