SOLOPOS.COM - Ilustrasi keramas menggunakan sampo (Endalldisease.com).

Solopos.com, SOLO  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk sampo dari Unilever Amerika yang ditarik dari pasaran negara setempat tidak terdaftar di Indonesia. Meski begitu, BPOM tetap melakukan pengawasan intensif di pasaran.

“Item tersebut tidak terdaftar di Indonesia, jadi sudah ada penjelasan cukup lama. Mungkin kalau di-search penjelasan BPOM, bisa dicari keyword Dove. Tentu selain kami mengecek daftar, kami juga melakukan pemantauan di pasaran dan ternyata memang tidak ditemukan,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan BPOM, Reri Indriani, seperti dilansir dari Bisnis TV, Rabu (26/10/2022).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Sebelumnya, Unilever Amerika menarik 19 produk sampo seperti sampo kering atau dry shampoo merek Dove, TRESemme, Nexxus, Suave, dan TIGI karena ditengarai mengandung benzena yang berpotensi menyebabkan kanker. Mengutip laman resmi Food and Drug Administration (FDA), Unilever Amerika telah mengeluarkan surat penarikan produk secara sukarela bagi produk yang diproduksi sebelum Oktober 2021. Adapun, menurut FDA kandungan Benzena masuk dalam klasifikasi bahan karsinogen (pemicu kanker) untuk manusia.

“Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit dan dapat mengakibatkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah sumsum tulang dan gangguan darah yang dapat mengancam jiwa,” tulis FDA seperti dilansir dari Bisnis.com, Rabu, (26/10/2022).

Baca Juga: Tiga Merek Besar Sumbang Sampah Plastik Terbanyak

Sementara itu, FDA juga menyebutkan pada dasarnya di kehidupan sehari-hari manusia dapat terpapar benzena dari penguapan bensin dan asap dari proses pembakaran. Meskipun belum ada laporan terkait efek samping dari pengguna produk tersebut, Unilever menarik produk tersebut sebagai langkah pencegahan. Para peritel juga telah diminta untuk tidak menjual produk sampo kering tersebut.

Pada investigasi yang dilakukan, FDA menemukan benzena dari propelan sebagai sumbernya. Sebagai informasi, propelan dalam aerosol merupakan sediaan komponen aerosol baik cair dan bentuk uap dalam suatu tabung, seperti untuk pewangi ruangan maupun sampo kering.

FDA meminta konsumen harus berhenti menggunakan produk sampo kering aerosol yang terkena dampak dan mengunjungi UnileverRecall.com untuk petunjuk tentang cara menerima penggantian untuk produk yang memenuhi syarat.

Baca Juga: Tak Dijual Lagi Mulai Tahun Depan, Ini yang Dimaksud BBM RON 88 dan RON 89

Berikut daftar produk sampo yang ditarik Unilever:

  1. Dove Dry Shampoo Volume and Fullness
  2. Dove Dry Shampoo Fresh Coconut
  3. Dove Dry Shampoo Fresh and Floral
  4. Dove Dry Shampoo Ultra Clean
  5. Dove Dry Shampoo Invisible
  6. Dove Dry Shampoo Detox and Purify
  7. Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal
  8. Dove Dry Shampoo Go Active
  9. Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist
  10. Nexxus Inergy Foam Shampoo
  11. Suave Dry Shampoo Hair Refresher
  12. Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive
  13. Tresemme Dry Shampoo Volumizing
  14. Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean
  15. Tresemme Pro Pure Dry Shampoo
  16. Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo
  17. Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo
  18. Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo
  19. Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Penyebab Unilever Tarik Produk Sampo Dove dan TRESemme di AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya