SOLOPOS.COM - Produk-produk Bogasari. Foto diambil Senin (17/7/2023) (Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO – Anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk. sektor industri tepung terigu, Bogasari, berhasil meraih penghargaan Industri Hijau Level 5. Pabrik Bogasari yang berhasil meraih penghargaan tersebut ada di Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Pabrik Bogasari di Jakarta sendiri sudah meraih penghargaan Industri Hijau tiga kali berturut-turut antara lain sejak 2019, 2021, dan 2022. Selanjutnya untuk 2 tahun terakhir, pabrik Bogasari di Jakarta sudah meraih penghargaan tertinggi Level 5.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Wakil Kepala Divisi Bogasari, Erwin Sudharma, mengatakan pabrik Bogasari di Cibitung baru kali pertama mengikuti penilaian tersebut dan dapat langsung meraih penghargaan Level 5. “Penghargaan tertinggi ini berhasil diraih pabrik Bogasari Cibitung atas keberhasilannya membangun konsep energi baru terbarukan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dioperasikan pada 9 September 2022 lalu,” papar Erwin dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (17/7/2023).

Rencana Bogasari untuk mengembangkan industri mereka meliputi pemakaian energi terbarukan memanfaatkan Photo Voltaic atau panel surya hingga 3.9 mWp serta memperbanyak forklift battery agar dapat bergerak dengan tenaga surya.

Tidak hanya itu, Bogasari juga akan meningkatkan pemakaian air dari hasil pemanenan air hujan untuk kegiatan MCK dengan fasilitas pengolahan sederhana yang termasuk dalam program Rain Harvesting. Program Rain Harvesting selesai dibangun 2018 yang berhasil membuat pabrik Bogasari Jakarta memiliki tangki berkapasitas 3 juta liter (3.000 meter kubik) guna menyimpan air hujan.

Selanjutnya, Bogasari telah menjalankan sistem FIFO (first in first out) dalam penanganan material input utama yaitu gandum. Erwin mengatakan sistem ini membuat seluruh bahan baku mereka 100% diolah menjadi produk tanpa meninggalkan waste product.

Bogasari terus mendukung pelaksanaan konservasi energi, salah satunya melalui implementasi Sistem Manajemen Energi terutama di pabrik Bogasari Jakarta. Standarisasi yang dirujuk adalah Standar ISO 50001:2018 saat ini pabrik Bogasari Jakarta tercatat sebagai pabrik tepung terigu pertama di Asia Tenggara yang tersertifikasi ISO 50001.

Industri hijau adalah penghargaan kepada industri yang mencapai efisiensi bahan baku dan produksi yang tinggi dengan waste atau limbah yang minimal. Penilaian lainnya berupa program penghematan energi dan air secara kontinyu, program pengelolaan lingkungan sesuai regulasi, sistem manajemen yang dijalankan, dan pengelolaan karyawan dan program CSR yang menyentuh langsung masyarakat, berkelanjutan, serta tidak sporadis. Penilaian secara garis besar terbagi atas tiga aspek, yaitu aspek produksi, kinerja pengelolaan limbah, dan emisi serta manajemen perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya