SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022, Selasa (8/11/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Bisnis Indonesia Group, penerbit harian ekonomi terbesar di Indonesia, memelopori acara penganugerahan berskala nasional untuk industriawan logistik dan rantai pasokan bertajuk Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022.

Ajang penganugerahan tersebut ditujukan ke industrialis logistik dan rantai pasokan yang dinilai telah berhasil memajukan dunia logistik di Tanah Air. BILA 2022 menjadi ajang pertama.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Sejak pendaftaran dibuka pada 18 September dan resmi ditutup pada 1 Oktober 2022, lebih dari 100 perusahaan logistik dan rantai pasokan antusias berpartisipasi mengikuti penilaian dewan juri.

Komposisi dewan juri terdiri atas Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin, Ketua Umum Supply Chain Indonesia/SCI Setijadi, dan Guru Besar Institut Teknologi Bandung dan Pakar Manajemen Rantai Pasok & Sistem Inovasi Prof. Togar M. Simatupang.

Para nomine memperebutkan 10 kategori penghargaan reguler, yaitu Third Party Logistics (3PL) of The Year dimenangkan PT Kamadjaja Logistics, CEO of The Year diraih Mohamad Feriadi Soeprapto dari PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Courier of The Year diperoleh JNE Express, Government of The Year didapatkan Lembaga National Single Window Kementerian Keuangan, dan IT Support of The Year diberikan ke PT Mitra Semeru Indonesia-Power Commerce Asia.

Baca Juga : Peran Tol Trans Jawa Didiskusikan Bisnis Indonesia

Kemudian kategori Port Operator of The Year diberikan ke PT IPC Terminal Petikemas, Sea Freight Forwarder of The Year dimenangkan oleh PT Kamadjaja Logistics, Supply Chain Innovator of The Year dimenangkan oleh PT Mitra Semeru Indonesia-Power Commerce Asia, Trucking Company of The Year diraih oleh PT Lookman Djaja Logistics, dan Warehouse Provider of The Year diraih oleh PT Cipta Krida Bahari (CKB Group).

Selain itu, BILA 2022 juga memberikan Special Awards untuk enam kategori, yaitu The Most Trusted Energy And Commodities National Shipping Company In International Shipping Routes untuk PT Pertamina International Shipping, Excellent Integrated Communication Campaign In Marine Logistics Sector diberikan ke PT Pertamina International Shipping, dan The Fast-Emerging Integrated Logistics Service Company Of The Year untuk PT Krakatau Jasa Logistik.

Aspek Penilaian

Berikutnya, kategori The Most Innovative Ceo In Creating An International Industrial Non-Container Hub Port In Indonesia jatuh ke M. Akbar Djohan (Krakatau International Port), The Most Overcoming Shipping Company In Handling Indonesia’S Maritime Highway Network jatuh ke PT Pelni (Persero), dan The Most Integrated Green Fishery Village Ecosystem Development In Regency diberikan ke Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Ketua Umum Supply Chain Indonesia/SCI, Setijadi, menerangkan bahwa para nomine Regular Award BILA 2022 dikelompokkan menjadi tiga fungsi industri, yaitu fungsi penyedia jasa logistik, operator infrastruktur logistik, dan institusi pendukung logistik & rantai pasokan.

Baca Juga : Pos Indonesia Launching Digitalisasi LPU, Bisa Kirim hingga Amerika!

“Aspek penilaian meliputi cakupan jenis layanan, wilayah layanan, inovasi pelayanan, health & safety, kepedulian terhadap lingkungan, dan aspek lain,” terangnya dalam keterangan resmi, Selasa (8/11/2022).

Para juri BILA 2022 memandang keberhasilan pemangku kepentingan di industri logistik tecermin dari kinerja perusahaan selama pandemi Covid-19. Perusahaan mampu berkelit dari berbagai tekanan melalui sejumlah strategi dan inovasi sehingga terbukti menghasilkan pertumbuhan positif.

Selain itu, sejumlah perusahaan penyedia logistik, operator infrastruktur logistik, dan institusi pendukung kinerja logistik terlihat berlomba melakukan berbagai riset dan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir.

Beberapa perangkat teknologi yang dimanfaatkan, antara lain, berbasis big data analytics, artificial intelligence, internet of things, blockchain, cloud logistics, serta robotics & automation.

Parameter lain yang tak kalah penting adalah aspek kemampuan perusahaan mengelola komunikasi secara presisi guna meyakinkan pemangku kepentingan ketika masa-masa kritis dan ketidakpastian ekonomi pada 2020–2022.

Baca Juga : Pada 2021 Kinerja Positif, SiCepat Ekspres Kini Diterpa Isu PHK Massal

Sektor Logistik Bertumbuh selama Pandemi Covid-19

Peran mereka sebagai mediator terbukti membuahkan loyalitas konsumen tetap terjaga dengan baik. Selain Regular Awards yang menjadi domain para juri, Dewan Redaksi Bisnis Indonesia Group juga memberikan penghargaan Special Awards.

Bisnis Indonesia Logistics Awards BILA 2022
Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022. (Istimewa)

Penghargaan khusus ini diberikan kepada sejumlah perusahaan logistik dan institusi pemerintah daerah terpilih yang dipandang memiliki program terobosan memajukan, mengembangkan, dan memberdayakan sektor logistik dan rantai pasokan hingga memiliki keunggulan komparatif.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa dari sekian banyak industri terdampak pandemi dan resesi ekonomi global, sektor logistik berbasis transportasi dan pergudangan mampu bertumbuh 3,24% dengan PDB harga berlaku mencapai Rp719,63 triliun pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/YoY).

Pencapaian pada 2021 sangat menggembirakan mengingat pada 2020 sektor transportasi dan pergudangan minus 15,05% dengan kontribusi terhadap PDB Rp689,57 triliun dibandingkan masa prapandemi 2019 Rp881,51 triliun dan pertumbuhan 6,38% (YoY).

Baca Juga : JET Express Tutup, Dampak Ketatnya Persaingan Bisnis Logistik?

Komisaris Bisnis Indonesia Group, Soebronto Laras, mengatakan bahwa kendati sektor logistik dan rantai pasokan sempat terdampak pandemi, industri ini ternyata memiliki daya tahan dan kemampuan recovery sangat baik.

Selama pandemi, papar Soebronto, selain sektor medis, industri logistik dan rantai pasokan patut diperhitungkan sebagai ujung tombak usaha strategis yang berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan positif ekonomi.



Pahlawan yang Bekerja dalam Sunyi

Hal ini karena perannya sangat intensif bersinggungan dengan kebutuhan konsumen selama masa pembatasan sosial. Tak bisa memungkiri bahwa selama pembatasan sosial, lanjutnya, pelaku usaha di sektor ini membuktikan daya juang dan adaptasi tinggi menghadapi segala macam tekanan dan risiko pandemi.

“Para pekerja di garis depan yaitu kalangan profesional, nakhoda, sopir, pilot kargo, hingga para top manajemen sangat tak berlebihan bila kami sebut mereka sebagai pahlawan yang bekerja dalam sunyi. Mereka berani menantang segala macam risiko demi tetap melayani masyarakat tepat waktu,” kata Soebronto di sela-sela acara Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022, Selasa.

Baca Juga : Pergerakan Angkutan Logistik Meningkat 15 Persen Saat PPKM Darurat

Dengan berbagai fakta tersebut, tambahnya, Bisnis Indonesia memandang perlu apresiasi kepada seluruh insan logistik yang telah berkinerja terbaik dan mampu menunjukkan konsistensi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Pemberian penghargaan ini menjadi yang pertama dan satu-satunya yang diinisiasi oleh industri media di Tanah Air.

“Sebagai pelopor sekaligus inisiator acara penganugerahan bagi stakeholder di industri logistik dan rantai pasokan, tentu menjadi kebanggaan untuk kami. Hal ini sekaligus menjadi ladang pembuktian kematangan Bisnis Indonesia sebagai harian ekonomi nasional [yang selama 37 tahun berkiprah sebagai navigator bisnis terpercaya]. [Bisnis Indonesia] dapat memahami dengan baik peran pelaku usaha sektor logistik yang semuanya berjalan penuh dinamika,” lanjutnya.

Seminar Logistik Nasional

Soebronto juga menekankan tugas penting seorang pelopor tak hanya sebagai pencetus gagasan dan setelah itu hilang. Namun, lebih dari itu, pelopor harus mempertahankan reputasi dan konsistensi agar terus mendapatkan kepercayaan publik. “Karena nama baik adalah hal yang tak ternilai,” ucapnya.

Baca Juga : Pos Indonesia Layani Jasa Pindah Rumah dengan Kontainer, Biaya Mulai Rp5 juta

Sebelum acara puncak penganugerahan, BILA 2022 menyelenggarakan seminar logistik nasional yang dibuka pembicara kunci (keynote speech) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Acara seminar terbagi dalam dua sesi. Sesi I bertajuk Menjawab Tantangan Industri Logistik dan Rantai Pasokan 2023 demi Mewujudkan Kemandirian dan Daya Saing Kelas Dunia. Pembicara sesi ini Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto, CEO Krakatau International Port Muhamad Akbar, dan Direktur Kargo Transportasi dan Tol Laut PT Pelni (Persero) Yossianis Marciano.

Diskusi pada Sesi 2 bertajuk Setahun Merger BUMN Pelabuhan, Indonesia Dapat Apa? Sesi ini akan diisi spotlight oleh Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Agus Suhartono.

Pembicara pada sesi diskusi terdiri atas Ketua Umum Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi dan Ekonom Universitas Gadjah Mada Riza Noer Arfani.

Baca Juga : Mantap! Shipper Masuk Daftar Perusahaan Paling Inovatif Se-Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya