SOLOPOS.COM - Ilustrasi live streaming (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Para pebisnis online mungkin tidak asing dengan jualan secara live streaming.

Metode jualan yang relatif baru ini merupakan cara jualan dengan siaran langsung melalui platform digital seperti Instagram, Youtube, Facebook, dan beberapa e–commerce seperti Shopee, Tokopedia atau juga TikTok Shop.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Penelitian terbaru dari Livestream.com mengungkapkan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand daripada membaca tulisan dari brand tersebut.

Nah, bagi para seller online yang ingin meningkatkan penjualan, yang belum mencoba live streaming atau yang sudah melalukannya tapi belum menikmati hasilnya, jangan menyerah.

Berikut tips melakukan live streaming seperti dikutip dari tokopedia.com dan sumber lain, Jumat (3/3/2023):

Konsisten

Lakukan live streaming dengan konsisten untuk meningkatkan brand awareness toko kalian. Dengan melakukan minimal sekitar 1-2 kali dalam sepekan produk atau toko kalian semakin diingat oleh pembeli.

Tak jarang toko online yang melakukan live streaming setiap hari bahkan ada juga yang live streaming lebih 1 atau 2 kali dalam sehari. Konsistensi live streaming memudahkan penonton mengingat brand atau merek tokomu

Buat Tema Menarik

Bukan hanya memperhatikan kualitas video, membuat konten dan judul yang menarik juga penting dilakukan. Untuk membuat konten yang menarik, kamu perlu memperhatikan jenis-jenis konten terlebih dahulu seperti tutorial penggunaan produk, launching produk terbaru, tanya jawab, atau promosi bersama influencer.

Setelah itu, buatlah judul yang dapat mengundang rasa penasaran calon pembeli seperti “Obral sepatu di bawah 100k”, “Pertama kalinya ada di toko”, atau “Diskon Baju Hingga 50% Cuma Hari Ini”.

Perhatikan Tampilan Visual

Ketika asyik menjelaskan produk atau promo toko, sesekali kalian harus melihat bagaimana tampilan visual kalian di depan kamera. Jangan sampai, wajah dan produkmu tidak masuk ke layar kamera ya.

Berinteraksi dengan Penonton

Saat melakukan live streaming interaksi dengan penonton sangat dibutuhkan. Pembawaan yang santai juga akan membuat penonton lebih nyaman. Dengan berinteraksi, dapat membangun hubungan yang erat antara penonton denganmu.

Akrab dengan penonton juga bisa ikut mendongkrak jumlah penonton. Kamu cukup menyapa calon penonton atau membaca komentar mereka.

Dari sejumlah komentar, tentu akan ada yang kamu sukai. Entah komentarnya lucu, menarik atau inspiratif. Kamu bisa mengapresiasi penonton yang memberikan komentar dengan membacakannya saat live berlangsung.

Promosikan Live Streaming

Untuk menarik jumlah penonton lebih banyak, kamu perlu membuat promosi tentang live streaming-mu di berbagai channel media sosial agar mereka mempersiapkan waktu untuk menontonnya. Siapkan promo eksklusif untuk menarik minat mereka ya.

Nah, itulah tips-tips melakukan live streaming. Kini kalian bisa jadikan live streaming sebagai media untuk promosi atau meningkatkan branding produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya