SOLOPOS.COM - Ilustrasi waralaba atau franchise. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Ada banyak peluang bisnis yang bisa dicoba seperti franchise makanan dengan modal di bawah Rp10 juta.

Franchise atau waralaba adalah metode mendistribusikan produk atau layanan yang melibatkan franchisor sebagai pemilik merek dagang atau nama dagang dan sistem bisnis. Franchisee atau penerima waralaba, yang membayar royalti dan seringkali biaya investasi awal untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual di bawah nama dan sistem franchisor.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Franchise merupakan salah satu pilihan usaha yang saat ini banyak digemari para pelaku usaha, terutama pemula. Dibanding memulai brand sendiri yang membutuhkan waktu dan modal yang besar, kebanyakan pengusaha pemula kerap memilih paket kemitraan atau franchise yang biasanya sudah memiliki sistem bisnis dan segmentasi pasarnya sendiri.

Salah satu franchise yang banyak digemari adalah franchise di bidang kuliner salah satu alasannya karena modal yang dibutuhkan relatif terjangkau.

Melansir berbagai sumber, Selasa (16/5/2023) berikut sejumlah franchise yang dengan harga di bawah Rp10 juta:

1. Donat Bakar

Salah satu franchise makanan terlaris 2023 di bawah Rp10 juta yang bisa Anda coba adalah Donat Bakar (Dokar). Franchise ini disebut sudah ada sejak 2008 silam dan sudah sangat familiar bagi masyarakat.

Donat Bakar membuka paket kemitraan dengan harga mulai dari Rp7,5 juta. Dengan harga tersebut, mitra sudah mendapat beberapa fasilitas seperti booth, x-banner, menu, kompor, tabung gas, seragam karyawan, dan bahan training.

2. Bakso Benhill

Mungkin Anda sudah tak asing dengan brand Bakso Benhill. Franchise bakso ini dikenal sangat laris. Selain itu, franchise ini juga menyediakan paket kemitraan dengan harga yang relatif terjangkau.

Hanya dengan modal Rp4 juta, Anda sudah bisa mendapatkan paket franchise Bakso Benhill. Dengan modal tersebut, mitra sudah memperoleh pelatihan. Meski begitu, harga tersebut belum termasuk perlengkapan memasak yang diperlukan.

3. Kuch2hotahu

Anda juga bisa mencoba peruntungan dari franchise Kuch2hotahu. Franchise ini merupakan waralaba dengan produk utama tahu goreng spesial dan telah memiliki lebih dari 500 outlet di Indonesia. Franchise ini menawarkan paket kemitraan mulai dari paket reguler seharga Rp8,5 juta dan paket mini seharga Rp10 juta.

4. Mr. John Singapore (Roti John)

Usaha roti panjang dengan isian yang beragam belakangan ini tengah banyak diminati. Salah satu waralaba di bidang ini adalah Mr. John Singapore atau Roti John. Franchise ini membuka paket kemitraan dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp8 juta yang mencakup bahan baku sebanyak 50 porsi dan juga paket Rp9-18 juta per bulan.

5. Candy Crepes

Candy Crepes merupakan salah satu franchise yang sudah sangat familiar di kalangan anak muda. Franchise ini sudah berdiri sejak 2013 dan sudah cukup memiliki nama. Anda bisa membeli paket kemitraan ini dengan harga mulai Rp6,7 juta sampai Rp9,8 juta.

6. Magu Magu Chicken

Magu Magu Chicken merupakan franchise ayam goreng krispi yang memiliki beberapa varian rasa. Anda bisa mencoba menjalin kemitraan dengan franchise ini karena ayam krispi yang satu ini sudah cukup populer. Harga paket kemitraannya pun cukup terjangkau. Anda bisa membeli paket kemitraan Magu Magu Chicken dengan harga mulai dari Rp4,6 juta hingga Rp11,3 juta.

7. Franchise Es Teh Poci

Bisnis waralaba Es Teh Poci disediakan dengan dua paket kemitraan. Masing-masing paket memiliki harga dan kelengkapan yang berbeda-beda.

Paket pertama dan yang paling murah adalah Paket Hemat. Anda perlu membayar sebesar Rp8.976.500,00 untuk mendaftar paket ini. Selain itu ada Paket Reguler yang dibanderol dengan harga Rp10,8 juta.

Dengan membeli paket ini Anda akan mendapatkan sebuah booth reguler dengan ukuran yang lebih panjang daripada booth hemat, yaitu panjang 120 cm, lebar 65 cm, dan tinggi 200 cm. Dalam paket ini juga termasuk peralatan kerja dan bahan baku untuk 500 cup.

Itulah beberapa franchise makanan terlaris 2023 di bawah Rp10 juta yang bisa Anda coba sebagai ide usaha yang menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya