SOLOPOS.COM - Ilustrasi umrah di Masjidil Haram.(haji.kemenag.id).

Solopos.com, SOLO – Rencana penerbangan langsung Lion Air untuk umrah dari Solo ke Saudi Arabia, resmi dibuka pada Sabtu (9/9/2023) nanti. Sejumlah biro umrah di Solo berharap penerbangan tersebut dapat berlangsung dengan konsisten.

Direktur Dewangga Lil Hajj Wal Umrah Solo, Her Suprabu, mengatakan informasi penerbangan langsung dari Bandara Adi Soemarmo di Boyolali yang melayani pasar Solo dan sekitarnya tersebut, telah diterimanya. Namun untuk sementara pihaknya masih memilih untuk memberangkatkan jemaah umrah melalui Jakarta.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Informasinya untuk penerbangan langsung dari Solo [Bandara Adi Soemarmo] memang dijadwalkan mulai berangkat 9 September ini. Tapi kami akan lihat dulu,” jelas dia, Selasa (5/9/2023). Dia mengatakan akan sulit bagi biro umrah ketika nantinya terjadi berbagai perubahan layanan penerbangan umrah.

Misalnya saja rute hanya dilayani beberapa kali penerbangan atau bahkan dialihkan. Sebab pihaknya harus menjelaskan ke calon jemaah yang belum tentu semua bisa memahami. “Ini juga terkait kepercayaan masyarakat terhadap biro. Sebab kalau ada perubahan, orang tahunya karena biro yang tidak profesional,” kata dia.

Sebelumnya, pihaknya sudah dua kali memberangkatkan jemaah umrah melalui penerbangan langsung dari Semarang pada Agustus 2023. Namun untuk saat ini semua pemberangkatan untuk sementara dipilih melalui Jakarta.

Keputusan itu diambil karena dari informasi yang didapatkannya, ada beberapa perubahan yang terjadi pada rute penerbangan umrah yang dari Semarang. Untuk itu dia berharap pembukaan penerbangan langsung dari Bandara Adi Soemarmo bisa berlangsung lama. Dengan begitu pasar akan terbentuk dengan baik untuk rute tersebut.

“Menurut saya dikembalikan saja seperti dulu, dibuka di Solo saja. Nanti dari Jogja bisa ke Solo dari Semarang bisa ke Solo. Jadi pasarnya bisa terkumpul,” kata dia.

Meski begitu, Ketua Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Solo tersebut mengatakan ada sebagian biro umrah anggota Perpuhi yang menjual paket penerbangan langsung dari Bandara Adi Soemarmo di 9 September nanti. “Sampai hari ini kami tanya katanya terbang tanggal 9 [September], maka kami lihat dulu. Semoga saja terus berlanjut,” kata dia.

Direktur Utama Ameera Umrah & Haji Plus, Amir Bastari, mengatakan pihaknya menyambut baik adanya pembukaan penerbangan langsung dari Bandara Adi Soemarmo tersebut. “Sebenarnya ini bukan rute baru, sebab dulu pernah terbang, lalu ini dirilis kembali. Rencana perdana tanggal 9 dari pihak Lion untuk Solo-Jeddah, Jeddah-Solo. Alhamdulillah ini sudah membantu, sebab banyak masyarakat Solo yang merindukan penerbangan langsung ini,” kata dia, Selasa.

Setidaknya ada sekitar 45 calon jemaah umrah dari Ameera yang akan berangkat melalui Bandara Adi Soemarmo pada 9 September nanti.
Dia juga berharap rute tersebut dapat terjaga dan berkelanjutan.

Dengan begitu, perjalanan umrah akan semakin terjangkau dan dimudahkan. Dia juga berharap nantinya akan banyak maskapai yang juga membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Adi Soemarmo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya