SOLOPOS.COM - Juri 15th SATU Indonesia Awards 2024 sekaligus Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Ir. Tri Mumpuni (kedua kiri), Head of Media Relations Astra Regina Panontongan (kanan), serta Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards Tahun 2017 Bidang Pendidikan Jamaluddin (kedua kanan) saat sesi Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 di Kota Kendari pada Sabtu (18/5/2024) .

Solopos.com, KENDARI — Dalam rangka menebarkan inspirasi 15th Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2024, Astra pada hari ini, Sabtu (18/5/2024), kembali melaksanakan Bicang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, di Hotel Fortune & Convention Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pelaksanaan bincang inspiratif yang kedua tahun ini, turut dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari, Maman Firman Syah, serta Juri 15th SATU Indonesia Awards 2024 sekaligus Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Ir. Tri Mumpuni, dan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards Tahun 2017 Bidang Pendidikan Jamaluddin yang menjadi narasumber dalam bincang inspiratif.

Promosi Telkom Dukung Startup untuk Berkontribusi dalam Pengembangan IKN

Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 merupakan program sosialisasi SATU Indonesia Awards yang bertujuan untuk mencari generasi muda di pelosok negeri yang memiliki kontribusi sosial berkelanjutan dengan dampak positif untuk masyarakat sekitarnya melalui bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

“SATU Indonesia Awards merupakan bentuk apresiasi dari Astra untuk generasi muda yang aktif dalam mendorong perubahan positif di masyarakat sekitarnya. Dalam pelaksanaan tahun kelima belas ini, tema yang diusung adalah ‘Bersama, Berkarya, Berkelanjutan’, kami berharap dapat menemukan generasi muda mutiara bangsa yang mampu membawa perubahan melalui kontribusi nyata untuk hari ini dan masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Kisah Jamaluddin yang berasal dari Desa Kanreapia, Gowa, Sulawesi Selatan, menjadi pemicu antusiasme para peserta untuk turut berperan aktif dan berinteraksi dalam bincang inspiratif.

“Perjalanan saya dimulai sebagai seorang anak petani yang sempat putus sekolah. Namun dengan mengasah kreativitas yang tinggi dan semangat kerja yang pantang menyerah, muncullah ide inovasi untuk mengubah kandang sapi milik keluarga menjadi Rumah Koran, sebagai pusat inspirasi dan pembelajaran membaca dan berorganisasi untuk para petani. Langkah inilah yang membawa saya mendapat apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2017 dalam Bidang Pendidikan,” tutur Jamaluddin saat berbagi kisah inspiratif sebagai Sang Pencerdas Anak Petani dari Gowa.

Setelah mendapatkan apresiasi SATU Indonesia Awards 2017, Jamaluddin mendapatkan peluang untuk berkolaborasi bersama Kampung Berseri Astra. Saat ini, Jamaluddin juga merupakan Tokoh Penggerak Kampung Berseri Astra Kanreapia. Berkat upayanya, tempat asalnya saat ini dikenal sebagai tempat wisata edukasi yang mendatangkan wisatawan dari berbagai kota.

Guna mendukung dan mengapresiasi perjuangan anak bangsa yang telah berkontribusi untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra.

Periode pendaftaran 15th SATU Indonesia Awards 2024 tahun ini telah dibuka sejak 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.astra.co.id.

Berikut adalah dewan juri 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia),
  2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia),
  3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta),
  4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan),
  5. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi),
  6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk),
  7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni),
  8. Billy Boen (Founder Young On Top),
  9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra),
  10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra),
  11. Raline Shah (Pegiat Seni).

Berikut syarat dan ketentuan penerima apresiasi 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  • Program diinisiasi oleh Individu atau kelompok.
  • Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran.
  • Kegiatan harus orisinal.
  • Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun.
  • Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra.
  • Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.
  • Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG).
  • Bukan karyawan Grup Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards.
  • Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Konsistensi Astra dalam mendukung dan mengapresiasi peran aktif generasi muda dalammencapai pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya