SOLOPOS.COM - Salah satu Kantor Candi Elektronik Solo di Jl. Slamet Riyadi No.310, Penumping, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Kamis (9/3/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Pendapatan Candi Elektronik mengalami peningkatan yang sangat drastis sejak mengembangkan penjualan via online.

Team Leader E-commerce Candi Elektronik, Almira Ariesta Rahma, mengatakan pengembangan penjualan online lewat e-commerce bahkan berhasil membuat Candi Elektronik menambah pegawai atau sumber daya masyarakat (SDM).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Saat pandemi Covid-19 terjadi memaksa kami mengoptimalkan penjualan lewat marketplace, dan hal itu memberi keuntungan bagi kami,” papar Almira saat ditemui Solopos.com, Kamis (9/3/2023).

Almira mengatakan keberhasilan penjualan online tidak bisa serta merta membuat Candi Elektronik memusatkan penjualan lewat marketplace saja.

Penambahan toko fisik tetap dilakukan agar memudahkan pelanggan untuk berbelanja ataupun meninjau produk elektronik incaran mereka.

Keuntungan membuka pasar online, menurut Almira adalah memudahkan pembayaran. Kredit tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan masyarakat untuk menyicil produk elektronik yang mereka beli, tetapi kehadiran PayLater menambah opsi pembayaran di Candi Elektronik.

Almira menyebut Candi Elektronik sudah membuka akun resmi di Blibli.com, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Mereka juga baru saja membuat akun penjualan di Akulaku yang metode pembayarannya khusus dengan kredit.

Pembayaran lewat marketplace juga memudahkan pelanggan Candi Elektronik untuk membayar produk mereka, karena memberi pilihan pembayaran dari berbagai jenis perbankan ataupun e-wallet.

Penjualan lewat e-commerce juga tidak menyulitkan pelanggan ataupun tim Candi Elektronik, papar Almira.

“Pengiriman dan kurir dari kami, seperti biasa untuk area Soloraya kami berikan gratis ongkos kirim tapi sehari setelah nota transaksi dibuat,” tambahnya.

Namun Candi Elektronik juga bisa mengirimkan barang pesanan pelanggan di hari yang sama nota transaksi dibuat, yaitu dengan menggandeng GoSend atau Grab Instant. Almira mengatakan pelayanan dari tim Candi Elektronik harus prima agar pelanggan merasa nyaman berbelanja.

Untuk pengiriman ke luar kota, Candi Elektronik menggunakan kargo ekspedisi seperti JNE, AnterAja, Shopee Express, atau ekspedisi pilihan pelanggan.

Pelayanan yang prima ini membuat Candi Elektronik tetap percaya diri bersaing dengan toko elektronik lainnya di Solo. Menurut Almira, masyarakat lebih bisa memilih pelayanan yang lebih membuat mereka nyaman.

Almira juga menambahkan penjualan TV saat Piala Dunia membuat stok habis baik dari stok pameran sampai stok gudang.

Dia menyebut TV dan AC sering dicari saat menjelang Natal, sedangkan mendekati Idul Fitri, elektronik yang sering dicari masyarakat adalah rice cooker dan kulkas.

Chief Marketing Officer (CMO) Blibli.com, Edward Kilian Suwignyo, mengatakan optimalisasi penjualan perusahaan secara offline dan online sudah seharusnya dilakukan di era pasca pandemi Covid-19.

“Belanja online itu rasanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat, dan sekarang orang-orang lebih kenal PayLater daripada kartu kredit, di sinilah kita bisa menyesuaikan untuk menambah penjualan hingga pendapatan pun bertambah,” papar Edward saat bertemu media di Canting Londo Kitchen Solo, Jumat (3/3/2023).

Edward juga mengatakan Blibli.com mengedepankan keaslian produk yang ikut ditawarkan di marketplace mereka, sehingga verifikasi akun menjadi langkah penting Blibli.com layaknya memberi kepercayaan kepada para seller.

Edward yakin Blibli.com akan tetap diminati karena kerja sama dengan berbagai perbankan membuat mereka dipilih oleh pengguna marketplace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya