SOLOPOS.COM - Ilustrasi hik atau angkringan (JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo memiliki ekonomi yang cukup stabil. Banyak peluang usaha dan bisnis yang bisa dijalankan di Kota Bengawan yang dikenal karena sektor perdagangan dan wisatanya.

Ide usaha banyak didapatkan di kota ini dengan pertimbangan Solo merupakan salah satu kota dengan biaya hidup murah  di Indonesia, sehingga jika membuka usaha,  modal yang relatif kecil pun bisa jalan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Tempat-tempat di Kota Solo juga memiliki ciri khas tersendiri di setiap sudutnya, ini akan semakin mendukung bisnis usaha yang didirikan dengan target konsumen yang mudah untuk didapatkan. Berikut beberapa ide usaha dengan modal kecil di Solo dirangkum dari berbagai sumber:

 Baca Juga: Peluang Bisnis Menjanjikan, Begini Cara Menjadi Agen Jasa Pengiriman

1. Waralaba Makanan

Waralaba sendiri merupakan bisnis dengan brand yang sama tetapi dioperasikan oleh pihak yang berbeda dan lokasi yang cukup berbeda pula. Melalui segmentasi, targeting dan marketing yang dikonsepkan secara matang, bisnis waralaba makanan adalah ide usaha yang paling banyak diminati.

Konsep dan sistem dari waralaba juga akan memberikan kesan brand yang besar dengan pemasaran yang dilakukan bersama-sama atas nama brand.

Ide usaha ini juga cocok untuk dikembangkan di kota Solo, hal ini dikarenakan Solo cukup terkenal dengan wisata kulinernya sehingga bisnis makanan akan dengan mudah masuk dan menyesuaikan minat pasar. Modal yang diperlukan juga cukup bervariasi, bisa dengan makanan ringan modal kecil atau makanan berat dengan modal yang tinggi.

Baca Juga: Bisnis Ini Memungkinkan Raup Laba Hingga Rp500.000 Per Hari, Tertarik?

2. Bisnis Camilan dan Makanan Ringan

Bisnis camilan sangat diminati terutama berlokasi di kampus atau kompleks sekolah di kota Solo, dengan lokasi yang strategis ini konsumen akan datang dengan sendirinya tanpa memerlukan marketing yang rumit.

Bisnis dengan modal kecil ini juga cukup fleksibel dilakukan secara konvensional maupun online, jika ingin mendapatkan pasar yang luas penjual bahkan bisa melakukan keduanya.

Bisnis ini bisa juga dikonsepkan dengan makanan oleh-oleh khas Solo, yang memiliki target konsumen berupa wisatawan yang berkunjung. Hal tersebut juga merupakan cara yang cukup efektif dalam membangun ide usaha dengan modal kecil di Solo.

3. Usaha Thrift Shop

Selain terkenal dengan wisata kulinernya, Solo juga merupakan kota tujuan wisatawan yang ingin melakukan thrifting baju murah. Trend yang sedang berjalan juga mendukung peluang usaha dalam bidang ini, terlebih lagi peminat bukan hanya dalam lingkup kota Solo tetapi banyak pengunjung dari daerah lain yang datang.

Dengan modal kecil usaha thrift shop tidak hanya dilakukan secara konvensional tetapi bisa dengan cara online melalui marketplace tertentu.

Keuntungan yang didapatkan juga bergantung pada harga yang dipasang di setiap barang, jadi id usaha ini cukup fleksibel dilakukan.

Baca Juga: Cocok Buat Anak Muda, Ini 10 Ide Bisnis Modal Rp1 Jutaan

4. Usaha Angkringan

Kota Solo dan Jogja terkenal dengan akringan harga murah dan makanan enak. Maka dari itu usaha dalam bidang angkringan di kota Solo cukup menjanjikan, peminat bukan hanya berasal dari warga lokal tetapi juga wisatawan yang datang.

Tempat dan pemilihan lokasi juga bisa disesuaikan dengan keinginan, baik dengan gerobak sederhana ataupun dengan konsep warung makan.

Karena angkringan bersifat fleksibel yang dimana saja didirikan akan ada konsumen tersendiri, terutama di daerah kampus dengan target mahasiswa yang menginginkan makanan murah tetapi enak. Modal yang digunakan juga cukup kecil, dimana kota Solo mendukung dengan bahan baku masakan harga terjangkau.

5. Jasa Fotografer

Kota wisata sangat membuka peluang bagi yang memiliki keahlian dalam hal fotografi. Jasa fotografer akan diminati oleh wisatawan yang berkunjung, terlebih lagi kota Solo memiliki beberapa kampus besar yang sangat membutuhkan fotografer ketika wisuda ataupun acara mahasiswa lainnya.

Usaha dalam bidang ini juga cukup fleksibel, bisa dilakukan dengan keliling sesuai tempat yang diinginkan oleh konsumen maupun membuka studio foto tersendiri dan menetap di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya