SOLOPOS.COM - Ilustrasi bersiap berangkat umrah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kasus penipuan umrah kembali marak terjadi. Bagi calon jemaah umrah harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih biro travel umrah. Berikut adalah tips memiliih biro travel umrah yang aman.

Biro travel haji dan umrah merupakan badan usaha penyedia layanan yang memberikan pelayanan terkait segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan haji dan umrah. Masyarakat yang berniat untuk melaksanakan umrah juga harus cermat dalam memilih travel atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Berikut ini adalah tips memilih biro travel umrah yang aman seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag).

  1. Pastikan nama biro travel umrah terdaftar di Kemenag

Tips memilih travel umrah yang aman yang pertama menyangkut nama perusahaan jasa yang melayani perjalanan umrah. Patikan perusahaan penyelenggara perjalanan telah resmi terdaftar di Kemenag. Pada saat ini banyak para biro travel umrah yang menawarkan harga-harga miring dan bersaing dengan biro yang lain.

Jangan mudah tergiur atas harga yang miring dan promo-promo tidak masuk akal. Kemenag telah memeberikan laman resmi untuk memeriksa perizinan travel umrah melalui simpu.kemenag.go.id. Selain dapat mencari tahu perizinan travel umrah, para jemaah juga dapat melaporkan kasus penipuan terkait travel umrah melalui layanan ini.

  1. Pastikan jadwal keberangkatan

Tips memilih travel umrah yang aman berikutnya terkait kepastian tanggal dan jam keberangkatan. Selain jam dan tanggal keberangkatan, lihat lagi tentang aktivitas apa saja yang akan dilakukan setelah di sampai di Tanah Suci. Waspadai jika terjadi penundaan keberangkatan yang lama hingga berbulan-bulan.

  1. Pastikan harga paket umrah dan pelayanan

Pastikan harga paket yang ditawarkan wajar dan masuk akal. Harga minimal baik untuk umrah maupun haji patokannya ditentukan oleh Kemenag.

Jadi, cari tahu informasi mengenai patokan harga terlebih dahulu. Mengenai harga tentu berkaitan dengan fasilitas atau pelayanan yang akan diberikan.

Biasanya, travel umrah akan memberikan gambaran paket yang diambil dan jenis fasilitas yang diberikan. Selain itu, harga paket juga menyesuaikan dengan maskapai apa yang akan digunakan.

  1. Pastikan nama dan alamat hotel tempat menginap

Tips memilih travel umrah yang aman berikutnya terkait akomodasi hotel di Tanah Suci. Biasanya pihak biro travel umrah akan menyampaikan hotel apa yang akan ditempati selama di Tanah Suci saat memilih paket harga. Jika ada pergantian hotel, idealnya Anda harus mendapatkan hotel pengganti yang setara atau bahkan lebih baik dari sebelumnya.

  1. Pastikan visa yang digunakan

Visa menjadi salah satu dokumen penting selain paspor yang akan digunakan untuk masuk ke Arab Saudi. Itulah sebabnya, pihak travel umrah harus memberikan keterangan kepada para calon jemaah bila menjelang waktu keberangkatan ternyata visa belum keluar dari Kedutaan Arab Saud atau ada kendala lain.

Demikian artikel mengenai tips memilih travel umrah yang aman. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya