SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) berpeluang melanjutkan penguatan dan menguji resistance di level 6.950 pada perdagangan hari ini, Rabu (26/7/2023) seusai Bank Indonesia (BI) kembali menahan suku bunga acuan di 5,75 persen.

Sejumlah saham seperti, ESSA, MAPI hingga GOTO di rekomendasikan analis pagi ini. Tim Analis Phintraco Sekuritas menyebut keputusan RDG BI dinilai sebagai salah satu sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Keputusan tersebut menjadi indikasi dari keyakinan BI terhadap arah kebijakan yang lebih akomodatif di 2H-2023 dan optimisme terhadap outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tulis Phintraco dalam risetnya, Rabu (26/7/2023) seperti dilansir Bisnis.

Sementara dari eksternal, pergerakan IHSG hari ini juga diperkirakan akan dipengaruhi oleh keputusan The Fed dan ECB yang diprediksi akan mengambil kebijakan moneter yang less-hawkish di pekan ini atau sesuai dengan perkiraan dari BI.

Diketahui, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan di level 5,75 persen, selama tujuh bulan beruntun, pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 24-25 Juli 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan alasan Dewan Gubernur BI mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate di level 5,75 persen.

“Keputusan mempertahankan BI7DRR sebesar 5,75 persen ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3 +/- 1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5 +/- pada 2024,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (25/7/2023).

Lebih lanjut, Phintraco Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini. Mereka adalah saham MARK, ESSA, SAME, MAPI, JPFA, SILO, PTPP dan GOTO.

Sebelumnya, IHSG pada Selasa (25/7/2023) ditutup menguat seiring Bank Indonesia (BI) menahan tingkat suku bunga acuannya di posisi 5,75 persen.

IHSG ditutup menguat 18,31 poin atau 0,27 persen ke posisi 6.917,71. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 1,42 poin atau 0,15 persen ke posisi 963,84.

“Memang saat ini IHSG dipengaruhi musim laporan keuangan emiten yang positif, sehingga mendorong kembalinya optimisme pasar,“ ujar Analis Henan Putihrai Sekuritas Jono Syafei seperti dilansir Antara, Selasa.

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada, Selasa (25/07), BI kembali menahan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 5,75 persen.

“Dengan mendasarkan hasil assesment dan perkiraan RDG pada 24 sampai 25 Juli 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse sebesar 5,75 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo.

Selain itu, BI juga menetapkan suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50 persen.

Perry menjelaskan, keputusan tersebut konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3 plus minus 1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5 plus minus 1 persen pada 2024.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar kemarin yaitu MAHA, INET, ERTX, AMMN dan HAIS. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar, yakni AMAN, HELI, SULI, SMKL dan BRMS.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.465.986 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,50 miliar lembar saham senilai Rp9,49 triliun. Sebanyak 219 saham naik, 308 saham menurun, dan 220 tidak bergerak nilainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya