SOLOPOS.COM - Jalan sehat dan edukasi pembayaran digital, yang digelar BI, Pemkot Solo, BMPD Soloraya, dan Kadin Solo, Minggu (17/9/2023) di Graha Wisata Niaga Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Bank Indonesia (BI) Solo menggandeng Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Soloraya dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Solo menggelar jalan sehat dan kegiatan edukasi pembayaran digital . Kegiatan dilaksanakan Minggu (17/9/2023) di Graha Wisata Niaga Kota Solo. 

Kegiatan ini dinilai menjadi langkah konkret BI Solo dalam mendorong percepatan dan perluasan pembayaran digital di daerah. BI Solo juga mendukung penuh sinergi perbankan dan industri untuk mengakselerasi pembayaran digital di wilayah Solo Raya. 

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dukungan ini diberikan antara lain melalui sinergi Bank Indonesia Solo dalam event tahunan Kota Solo yaitu Solo Great Sale (SGS). Sebagai rangkaian pre event SGS 2023, dilaksanakan kegiatan jalan sehat Bersama  yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Kepala Perwakilan BI Solo Nugroho Joko Prastowo, Ketua Kadin Kota Solo Ferry Septha Indrianto, perbankan, dan asosiasi industri se-Soloraya.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (17/9/2023) Kepala Perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo menyampaikan kolaborasi bersama antara regulator, perbankan, dan asosiasi industri merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif. 

“Kehadiran kanal pembayaran digital antara lain QRIS dan BI-Fast yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal (cemumuah) sebagai dukungan dalam penyelenggaraan SGS tiap tahunnya, mampu meningkatkan transaksi SGS sebagai cerminan peningkatan konsumsi masyarakat yang kemudian dapat bermuara pada meningkatnya perekonomian Soloraya. Digitalisasi pembayaran menjadi salah satu faktor keberhasilan penyelenggaraan SGS,” ujarnya.

Komitmen bersama antara regulator, perbankan, dan asosiasi industri ini merupakan kelanjutan dari upaya digitalisasi yang sebelumnya sudah diterapkan melalui program S.I.A.P QRIS pada pasar tradisional, pusat perbelanjaan, UMKM, dan peritel lokal di Soloraya. 

Melalui ekosistem digital yang semakin terbentuk, penyelenggaraan SGS selama Oktober 2023 mendatang yang mengusung tema Wisata Belanja di Kota Budaya, diharapkan mampu meningkatkan minat kunjungan wisatawan dari luar Solo sehingga semakin meningkatkan transaksi SGS dan mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi Soloraya yang semakin inklusif.

Kegiatan jalan sehat dengan tema “Jalan Sehat Ojo Lali Nganggo QRIS Road to SGS 2023” diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri atas perwakilan 64 perbankan anggota BMPD Soloraya, asosiasi industri, tenant, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. 

Kontingen jalan sehat mengusung tema Digitalisasi Sistem Pmbayaran lewat QRIS dan BI-Fast, Gerakan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta Road to SGS yang dikomunikasikan lewat atribut dan atraksi kontingen. 

Sebagai rangkaian kegiatan jalan sehat, tampil berbagai atraksi budaya untuk mengenalkan dan mempromosikan kearifan lokal daerah sebagai daya pikat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Solo. Banyaknya rangkaian event dalam SGS 2023, diharapkan mampu menciptakan momentum untuk mendukung keberlanjutan pertumbuhan perekonomian di tahun 2023. 

Sinergi antara Bank Indonesia, Pemkot Solo, Kadin Solo, perbankan, dan asosiasi industri ini merupakan wujud komitmen dalam mengakselerasi digitalisasi pembayaran untuk mewujudkan Solo Smart City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya