SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) memperkirakan tekanan inflasi pada 2024 naik lebih tinggi. Inflasi ini naik di tingkat global maupun domestik.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan laju inflasi global memang mencatatkan tren penurunan, tapi masih berada pada level yang tinggi, di mana pada kuartal III/2023 tercatat sebesar 5,4% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Pada kuartal IV/2023, inflasi global diperkirakan hanya turun tipis menjadi sebesar 5,1% yoy.

“Tahun depan juga akan turun, tapi masih lebih tinggi dari level 3% atau mencapai 3,8%,” katanya dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, Senin (13/11/2023).

Perry mengatakan, tingginya inflasi tersebut dipicu oleh kenaikan harga energi dan pangan akibat ketegangan geopolitik. Bank Indonesia meramal inflasi dunia baru akan mulai menurun pada paruh kedua 2024, meski negara maju terus melakukan pengetatan moneter yang lebih agresif.

Di dalam negeri, Perry mengatakan bahwa laju inflasi turun dan terkendali lebih cepat dari yang diperkirakan.

Pada kuartal II/2923 inflasi di dalam negeri telah turun ke level 2,28% secara tahunan dan diperkirakan naik tipis pada kuartal IV/2023 menjadi sebesar 2,56%.

Dengan perkiraan tersebut, Perry optimistis tingkat inflasi Indonesia pada akhir tahun akan mencapai 2,84%, terkendali dalam sasaran 2%-4%. Sementara pada 2024, tingkat inflasi diperkirakan meningkat menjadi sebesar 3,20% dalam rencana anggaran tahunan BI (RATBI).

Proyeksi tersebut lebih tinggi dari proyeksi inflasi 2023.

“Kami perkirakan tahun depan juga masih akan terkendali meskipun agak sedikit meningkat karena memang harga energi dan pangan global, tapi masih terkendali dalam kisaran 2,5% plus minus 1%,” jelasnya.

Perry menambahkan, BI akan memastikan kebijakan moneter, baik suku bunga maupun nilai tukar mendukung terkendalinya inflasi, termasuk imported inflation.

Selain itu, koordinasi BI dan pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID), serta melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) akan diperkuat dan didukung oleh 46 kantor perwakilan BI.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul BI Proyeksi Inflasi 2024 Naik ke 3,2%, Dua Sektor jadi Beban 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya