SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah subsidi (Kementerian PUPR)

Solopos.com, SOLO – Rumah subsidi masih menjadi incaran masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bila berminat mencari rumah subsidi, ada baiknya Anda mengecek informasi terkait pengembang berikut harga yang ditawarkan.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatur batas harga pembelian rumah subsidi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan atau PMK No. 60 Tahun 2023 tentang tentang Batasan Rumah Umum, Pondok Boro, Asrama Mahasiswa dan Pelajar, serta Rumah Pekerja yang Dibebaskan dari Pengenaan PPN.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Sejalan dengan ditekennya aturan ini, harga rumah subsidi mengalami penyesuaian setelah tiga tahun terakhir mengalami stagnasi. Rumah subsidi mengalami kenaikan harga, yang juga disesuaikan dengan kenaikan rata-rata biaya konstruksi sebesar 2,7 persen per tahun berdasarkan Indeks Harga Perdagangan Besar.

Adapun, harga rumah subsidi pada 2023 mengalami kenaikan sebesar 8 persen dari semula di kisaran Rp150,5-219 juta menjadi Rp162-234 juta. Tak sampai di sana, kenaikan harga rumah murah ini juga akan kembali disesuaikan pada 2024 dengan harga dimulai dari Rp166-240 juta sesuai dengan zona wilayah.

Bagi Anda yang ingin membeli rumah subsidi, belum terlambat untuk mencari dan menambatkan pilihan sebelum harga beli naik pada 2024. Mencari rumah subsidi yang sesuai dengan kebutuhan memang tidak mudah. Ini karena rumah itu akan ditempati dalam jangka waktu yang lama, kita pasti ingin yang terbaik.

Namun ternyata memilih rumah subsidi tak perlu lagi survei ke lokasinya secara langsung. Informasi lengkap mengenai rumah subsidi di berbagai daerah sudah bisa diakses secara online atau daring.

Mencari rumah subsisi bisa dilakukan melalui situs https://sikumbang.tapera.go.id/ yang disediakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Situs ini memuat informasi mengenai perumahan subsidi maupun nonsubsidi di berbagai daerah di Indonesia, lengkap dengan harga dan tipe rumah.

Cara mencari rumah subsidi melalui situs Sikumbang.

1. Langkah pertama adalah dengan mengunjungi https://sikumbang.tapera.go.id/
2. Di halaman muka laman tersebut terdapat kolom untuk memasukkan lokasi, untuk mencari rumah sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan
3. Pada kolom paling kiri, klik “pilih provinsi”. Kolom tersebut secara otomatis memberikan daftar provinsi yang menjadi sasaran calon pembeli
4. Selanjutnya klik “pilih kabupaten/kota”. Masukkan juga informasi mengenai kecamatan
5. Situs ini juga bisa melakukan pencarian rumah dengan mengategorikan berdasarkan asosiasi pengembang perumahan, misalnya APERNAS, PERUMNAS, atau yang lainnya 6. Setelah memasukkan semua kata kunci, klik “CARI” untuk memunculkan jawaban.

Apabila sudah muncul hasilnya, akan muncul informasi dilengkapi foto lokasi perumahan, tipe rumah lengkap dengan luas bangunan, luas tanah, harga, dan jumlah fasilitas seperti kamar mandi dan kamar tidur. Situs ini juga memuat mengenai informasi spesifikasi teknis yaitu, atap, dinding, serta lantai dan pondasi.

Di sebelah kiri keterangan tipe rumah, terdapat peta lokasi yang diarahkan langsung ke Google Maps sesuai lokasi perumahan tersebut. Anda juga bisa memilah rumah subsidi berdasarkan jumlah unit per perumahannya.

Hal ini menjadi penting ketika Anda tidak ingin berada di lingkungan yang padat penduduk. Selain itu, ada juga informasi mengenai kapan pengembang mendaftarkan perumahannya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Cari Rumah Subsidi? Cek Daftar Pengembang dan Harganya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya