SOLOPOS.COM - Salah satu tenant di DP Mall Semarang. (Istimewa/IG @dpmallsemarang).

Solopos.com, SEMARANG — Sinar Mas Land melalui PT Duta Pertiwi Tbk melakukan groundbreaking untuk memperluas DP s pada Sabtu (7/5/2023).

Prosesi peletakan batu pertama secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, Deputy Group CEO Sinar Mas Land, Monik William, Group CFO Sinar Mas Land Lie Jani Harjanto, dan CEO Retail and Hospitality Sinar Mas Land Fariyanto Nickholas Sonda, CEO Project Support Services Sinar Mas Land Harry Ramaputra, serta General Manager DP Mall Semarang Antonius Budiawan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Senin (8/5/2023), DP Mall yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektar akan menjadi pusat perbelanjaan terdepan yang dirancang dengan konsep ruang terbuka hijau atau eco-building pertama di Kota Semarang.

Konsep eco-building tersebut mengacu pada pengembangan berkelanjutan yang mengutamakan kelestarian ekosistem antara manusia serta lingkungan sekitarnya.

Perluasan DP Mall Semarang ini ditargetkan akan rampung pada tahun 2025 mendatang.

Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu menyampaikan Kota Semarang memiliki beragam pusat perbelanjaan atau mal yang berkembang sehingga berkontribusi terhadap perekonomian Kota Semarang.

“Saya sangat berterima kasih kepada Sinar Mas Land melalui DP Mall Semarang yang memiliki visi pengembangan bisnis di Semarang, Jawa Tengah. Terlebih dengan rencana perluasan pembangunan mall yang akan memiliki 10 lantai parkir dengan kapasitas 1.200 mobil, saya yakin permasalahan terhadap parkir di kawasan tengah kota khususnya dapat menopang kebutuhan parkir di area Balai Kota,” papar Rahayu.

Banyaknya kapasitas parkir membuat Rahayu berharap DP Mall dapat menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang lengkap dan digemari warga Semarang karena keberagaman tenant, mulai dari brand internasional sampai UMKM lokal.

CEO Retail and Hospitality Sinar Mas Land Fariyanto Nickholas Sonda mengatakan jika DP Mall pada tahun 2019 telah melakukan peremajaan pada bagian interior dan tenant yang lebih beragam.

“Tahun ini, kami kembali melakukan proses ekspansi DP Mall yang akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas terbaru mulai dari penambahan 10 lantai area gedung parkir, atrium amphitheatre, dan international fashion brands yang sangat dinantikan kehadirannya oleh warga Semarang dan sekitarnya,” papar Fariyanto.

Fariyanto menambahkan DP Mall Semarang juga menghadirkan konsep baru, yaitu green concept mall melalui penambahan attractive rooftop garden pada area mal, dilengkapi berbagai jenis tanaman dan pohon guna menjaga keseimbangan alam.

Dia juga menyebut total investasi perluasan dan pengembangan DP Mall Semarang sebesar Rp500 miliar.

Ekspansi DP Mall menjadi bagian dari strategi Sinar Mas Land untuk menghadirkan mal yang modern dan sustainable untuk memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi pedagang maupun pengunjung.

Sederet fasilitas yang sudah tersedia di pusat perbelanjaan itu antara lain ATM, toilet, parkir, nursery room, dan toilet anak-anak.

Akses Wi-Fi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat urban untuk mengakses informasi dan media sosial di manapun mereka berada.

Konsep eco-building yang diterapkan DP Mall Semarang juga selaras dengan visi sustainable perusahaan, serta mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 yang dicanangkan pemerintah Indonesia.

Upaya tersebut diimplementasikan melalui pembangunan gedung yang didominasi oleh ruang terbuka hijau untuk menurunkan suhu lingkungan.

Penggunaan panel surya sebagai pembangkit listrik, penerapan konsep water conservation melalui zero waste system dengan mengelola kembali limbah air kotor yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan pendingin chiller hingga pemakaian bahan baku bangunan yang ramah lingkungan.

Saat ini terdapat beragam tenant nasional dan internasional bergengsi yang bergabung di DP Mall Semarang, antara lain XXI The Premiere, Sephora, Uniqlo, H&M, Sports Station Megastore, Steve Madden, Sushi Tei, Kimukatsu, Pepper Lunch, Yakiniku Like, KKV, Tour Les Jours, dan masih banyak lagi.

Ke depannya, akan ada banyak tenant baru yang melengkapi pusat perbelanjaan ini.

Saat ini, existing DP Mall Semarang terdiri atas 3 lantai dengan leasable area atau area sewa seluas 28.000 meter persegi. Kemudian setelah proses ekspansi dan diperluas, DP Mall Semarang akan terdiri dari 5 lantai dan leasable area menjadi 42.000 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya