SOLOPOS.COM - Ilustrasi kelola uang THR. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTALebaran bisa jadi menjadi momentum Sebagian masyarakat memperoleh tambahan pendapatan dengan adanya Tunjangan Hari Raya atau THR Lebaran. Tapi apakah THR harus dihabiskan untuk kebutuhan selama Lebaran?

Baca Juga: Wow! Perusahaan di Semarang Ini Gelontorkan Rp11 M untuk THR Karyawan

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Meski ada THR, masyarakat diharapkan tetap melalukan manajemen keuangan dengan cermat. Executive Vice President Wealth Management Head OCBC NISP, Juky Mariska, menyarankan agar masyarakat mulai disiplin berinvestasi ketika mendapatkan THR. Caranya dengan menyisihkan terlebih dahulu pendapatan, bukan sisa dari pendapatan.

“Kalau anda tidak bisa mengatur pengeluaran tersebut, keuangan anda bisa menjadi tidak sehat. Apalagi ketika mendapatkan THR, dan semua THR dipakai untuk belanja buat lebaran tanpa menyisihkannya buat investasi,” kata Juky, Selasa (27/4/2022).

Baca Juga: THR ASN di Kabupaten Wonogiri Cair, Berapa Nilainya?

Menurutnya, masyarakat bisa menggunakan prinsip The 50/30/20 Budget Rule, di mana 50% untuk pengeluaran penting dan rutin, 30% untuk keinginan tersier, dan 20% untuk investasi.  Agar tidak kalap saat menerima THR, berikut beberapa tips mengelola THR dari OCBC NISP:

Buat Budget Pendapatan

Agar tidak boros dan kalap, harus selalu membuat budgeting, baik dari gaji maupun bonus. Misalnya ketika mendapatkan gaji, bisa mengeluarkan 20% dari gaji untuk investasi, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, dan 30% untuk keinginan, misalnya self reward atau buka puasa bersama.

Baca Juga: Ada Masalah THR? Ini Saran Disnaker Solo Untuk Perusahaan dan Pekerja

Bisa juga menerapkan hal yang sama ketika mendapatkan THR. Misalnya, 20% untuk investasi, 20% untuk keluarga, 30% untuk kebutuhan lebaran, 10% untuk dana darurat, dan 20% untuk sedekah.

 

Sesuaikan Hampers dengan Budget

Bulan Ramadan kadang tidak bisa lepas tradisi hampers. Namun jika ingin membeli hampers, harus disesuaikan dengan budget yang ada. Jangan sampai membeli hampers di atas budget. Terlebih harus membeli banyak hampers, sehingga akan semakin menyulitkan dalam mengatur keuangan ke depannya.

Baca Juga: Potret Suasana Pasar Klewer Solo Ramai Pengunjung Jelang Lebaran

Sisihkan untuk Investasi

Perlu diingat, THR bukanlah rezeki yang tiba-tiba datang. Artinya, harus bisa mengatur THR dan menyisihkannya untuk investasi. Jika masih takut berinvestasi di saham, bisa memulainya di reksa dana dan sebagainya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com berjudul THR Sudah Cair! Ini Cara Pintar Mengelolannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya