SOLOPOS.COM - Warga Pasar Kliwon, Solo, Erfina Yulianti, sukses menjual produk bakpao karakter miliknya dengan brand Pinapao hingga luar Pulau Jawa. Foto diambil pada Minggu (5/3/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Wanita asal Pasar Kliwon, Solo, Erfina Yulianti, sukses menjual produk bakpao karakter dengan brand Pinapao yang laris manis hingga ke luar Pulau Jawa.

Erfina membuat beragam bentuk bakpao karakter, misalnya tokoh kartun Doraemon, Spongebob, Shaun the Sheep, dan Angry Birds. Selain karakter kartun, ada pula bakpao yang berbentuk buah-buahan seperti semangka, stroberi, lemon, dan jeruk.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Erfina memproduksi dua jenis bakpao yaitu bakpao frozen dan bakpao siap makan. Dalam sehari paling tidak produk miliknya laku 60 hingga 100 buah. Untuk harga satu kemasan bakpao karakter frozen yang berisi enam buah dijual dengan harga Rp24.000/kemasan.

Kemudian untuk bakpao siap makan ada dua jenis kemasan yaitu dengan isi lima buah dan sepuluh buah masing-masing dibanderol dengan harga Rp23.000/kemasan dan Rp44.000/kemasan. Produk bakpao karakternya laku di Pulau Jawa dan ia pernah menjual hingga Kalimantan dan Sulawesi.

Erfina telah mempunyai beberapa pelanggan tetap untuk dipasok bakpao karakter frozen miliknya untuk dijual kembali. Ia memenuhi pesanan bakpao karakter ini dengan sistem open order untuk bakpao karakter siap makan. Sementara itu untuk stok ia hanya menyiapkan bakpao karakter frozen yang tahan hingga sebulan.

“Awalnya saya buat camilan anak, tapi yang putih polos, belum ada bakpao karakter. Lama-lama bosan kan, kebetulan itu ada latihan bersama dari komunitas pengusaha kuliner Langsung Enak Bengawan Solo, ikut dan langsung daftar. Dari sini saya buat untuk anak saya, saya posting di status Whatsapp, iseng, banyak yang tanya dan suruh bikinin,” ujar Erfina saat ditemui Solopos.com di car free day (CFD) Solo pada Minggu (5/3/2023).

Ia merintis usaha ini mulai 2020. Sebelumnya ia bekerja di Apotek. Setelah berhenti bekerja di Apotik, ia memutuskan untuk fokus ke usaha ini. “Saya dibikinkan akun Instagram oleh suami saya, buat promosi, jadi dibantu oleh suami saya,” ujar Erfina.

Usaha miliknya mulai prospektif dengan adanya bantuan mulai dari sertifikasi halal, serta telah didaftarkan ke hak atas kekayaan intelektual (Haki). Ia bahkan telah melakukan uji nutrisi secara gratis untuk produk bakpao karakter frozen miliknya. Dengan pasar yang lebih luas, label uji nutrisi di kemasan bakpao karakter frozen miliknya lebih dipercaya oleh konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya